PENGARUH GENDER, MOTIVASI EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MEMILIH KARIER SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK

Novie Susanti Suseno

Abstrak


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gender, motivasi internal, motivasi eksternal terhadap persepsi mahasiswa akuntansi Dalam Memilih karier sebagai akuntan publik pada fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 7 dan 9 jurusan akuntansi fakultas ekonomi sebanyak 72 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan melalui angket (kuesioner) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis statistik dengan model regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai DW sebesar 2,115, dengan alpha 5%, (melalui tabel Durbin-Watson). Nilai DW (2,115) lebih besar dari du (1,579) dan lebih kecil dari 2,421 (4-du), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi autokorelasi. Nilai sig sebesar 0,005 yang lebih kecil dari alpha (0,05) disimpulkan bahwa secara simultan Gender, Motivasi Eksternal dan Motivasi Internal berpengaruh signifikan terhadap Persepsi. Nilai sig untuk masing-masing variabel penelitian, Gender didapat nilai sig sebesar 0,089 karena lebih besar dari alpha (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Gender tidak berpengaruh signifikan terhadap Persepsi, Motivasi Internal. Nilai sig sebesar 0,013 lebih kecil dari alpha maka dapat disimpulkan bahwa Gender berpengaruh signifikan terhadap Persepsi, maka dapat disusun persamaan regresi P = 18,674 + 0,517G + 0,670MI + 0,446ME.

Kata Kunci: Gender, Motivasi Internal, Eksternal, Persepsi, Karier.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Ansofino. (2016). Buku ajar ekonometrika, Cetakan kesatu Yogjakarta: Penerbit Deepublish.

Akbar, P. (2013). Pokok-pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya, chalia, Indonesia

Arens, et al (2008). Auditing dan Jasa Assurance, Edisi keduabelas Jakarta: Penerbit Erlangga.

Bahtiar ,A., Muchlis, I. (2002). Akuntansi Pemerintahan, Jakarta : Salemba Empat.

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Penerbit Erlangga

Djaali, H. (2007). Psikologi Belajar, Jakarta: Bumi Aksara

Sirait, J. T, (2006) Memahami aspek-aspek pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam organisasi, Yogyakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Efendi, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta Gramedia Widiasarana Indonesia

Fakih, M. (2013). Analisis Gender & Transformasi Sosial cetakan kelima belas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halim, A. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Jakarta : Salemba Empat.

Prasastinigsih (2015) Pengaruh motivasi, persepsi biaya dan lama pendidikan Terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan Program pasca magister akuntansi, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hamzah, H. (2016).Teori motivasi dan pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara

Hamdi, Asep Saepul (2014). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan, , Cetakan kesatu Yogjakarta: Penerbit Deepublish.

Ikhsan dan Ishak (2005). Akuntansi Keprilakuan, Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Lukaman& Juniati (2015). Pengaruh Nilai Intrinsik, Gender, Parental Influence, Persepsi Mahasiswa dan Pertimbangan Pasar Kerja dengan Pendekatan Theory Of Reasoned Action Model Terhadap Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik, Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta, Universitas Tarumanegara

Manahan, P.T. (2012) Perilaku Keorganisasian, Edisi 13, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Mustiati (2016) pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa mengikuti pendidikan profesi akuntansi JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 46, Nomor 2, November 2016, Halaman 246-258, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Yogjakarta

Nurhaeni. (2009). Kebjakan public pro gender, Cetakan Pertama, Surakarta: UNS Press.

Riyanto, (2015) analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi berkarir menjadi akuntan publik. Surakarta Universtas muhammadiyah Surakarta.

Riyadi. (2015). pengaruh human capital dan gender terhadap kualitas auditor pada kantor akuntan publik di Indonesia. Semarang: Universitas Diponegoro.

Siagian, S.P. (2012). Teori motivasi dan aplikasinya, Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Supriono, R A. (2016), Akuntansi Keprilakuan, Yogyaakarta: Penerbit Gadjah Mada Universty Press Anggota IKAPI.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Cetakan ke-22, Bandung: Alfabeta.

Tri dan Murtedjo, (2015) analisis pengaruh gender, hak, kewajiban dan tanggungjawab akuntan publik terhadap minat mahasiswa akuntansi di universitas bina nusantara angkatan 2015 untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi. Jakarta

Tjandra, (2006) Look Who's Laughing tertawalah sebelum anda termotivasi, Jakarta, Penerbit PT Elex Media Komputindo

Purwati. (2015). Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap pemilihan karier Studi kasus pada mahasiswa S1 Akuntansi Reguler Perguruan tinggi Negeri dan swasta di Kota Purwokerto, Universitas Jenderal Soedirman

Wany. (2011). persepsi mahasiswa akuntansi terhadap faktor-faktor pemilihan karier akuntan publik dan non akuntan publik bagi Mahasiswa Akuntansi Studi Kasus di Universitas Wijaya Kusuma– Surabaya, Surabaya

Widiatami. (2013). Determinan pilihan karir pada mahasiswa akuntansi, Universitas Diponegoro. Semarang

Yuliansari. (2009) pengaruh sikap, motivasi belajar dan gender terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI fathul ulum kabupaten grobogan,. Universitas Negeri Semarang. Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/jk.v4i2.487

DOI (Download (PDF)): http://dx.doi.org/10.1234/jk.v4i2.487.g466

Refbacks





PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015