PERANAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA HOTEL GRAND KOPO BANDUNG)

Haryadi Mujianto

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi public relations, citra perusahaan dan peranan strategi public relations terhadap citra perusahaan pada hotel Grand Kopo Bandung. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel sebanyak 90 orang pelanggan hotel Grand Kopo Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi public relations berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan hotel Grand Kopo Bandung. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,688 yang berada antara 0,60 dan 0,799, artinya Strategi Public Relations (X) memiliki hubungan yang kuat kuat dengan Citra Hotel (Y). Besarnya sumbangan (kontribusi) variabel strategi public relations(x) terhadap citra hotel (Y) dapat dilihat dari nilai R Square yaitu sebesar 0,738. Artinya bahwa 73,8% variabel citra hotel (Y) akan dipengaruhi oleh variabel strategi public relations (X). Sedangkan sisanya 26,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata kunci: Strategi Public Relations, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. (2003). Public relations. Alih bahasa : Haris Munandar. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip, Swee Hoo Ang, Meng Siew Leong and Chin Tiong Tan. (1996). Marketing management: an asian perspective. Singapore: Prentice Hall.

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen pemasaran. Jilid 1. Edisi ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lianty, Yumei dan Widyatmoko. Analisis Empiris Public Relations terhadap Citra Hero Supermarket .Jurnal komunikasi Universitas Tarumanegara, 111 (01). 87-98. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vellayati, Arifin dan Yulianto. (2014). Pengaruh Public Relations terhadap Citra Perusahaan Toyota. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 11 No. 1 Juni 2014. Malang: Universitas Brawijaya.

Sukmadi, Roesfian dan Purwanggono. (2014). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Citra Objek Wisata Pangandaran Di Jawa Barat. BARISTA Volume 1, Nomor 2, Desember 2014. Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i2.486

DOI (Download (PDF)): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i2.486.g469

Refbacks





ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015