REPRESENTASI RELASI KUASA NEGARA ADIDAYA AMERIKA DALAM FILM GEOSTORM

Nur Yadillah Humairoh, Nevrettia Chirstantyawati

Abstrak


Penelitian ini berfokus pada representasi relasi kuasa negara adidaya dalam film Geostorm. Penelitian ini merupakan penelitian komunikasi karena representasi relasi kuasa yang dihadirkan dalam film akan di kontruksi melalui adegan scene berupa tanda yang dapat dimaknai. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana representasi relasi kuasa negara adidaya Amerika dalam film Geostorm?. Tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah Representasi dan konstruksional dalam film, Film Sebagai Praktik Sosial, Politik dalam film, Teori Kekuasaan. Karakter dalam film. Sedangkan metode yang digunakan oleh peneliti adalah analisis naratif milik Vladimir Propp dan teori kekuasaan budaya media milik Douglas Kellner. Kekuasaan yang tampak pada film Geostorm adalah kepemimpinan yang di dominasi oleh Amerika, hal ini ditunjukkan dari beberapa scene yang dipilih oleh peneliti. Berdasarkan analisis, didapatkan temuan data bahwa representasi relasi kuasa dalam film Geostorm berdasarkan aspek visualnya. Berdasarkan analisis, didapatkan temuan data bahwa representasi Film Hollywood mempunyai karakter khusus yakni kejeniusan dalam berpolitik, serta ideologi dominan untuk menghasilkan cerita rumit yang mempermasalahkan tentang budaya yang dominan. Yang dipertaruhkan dalam pengembangan media cultural studies yang dapat menentukan ras, gender, kelas, dan ideologi dalam masyarakat serta berbagai pergulatan guna mendapatkan kekuasaan.

Kata kunci: Film, Kekuasaan, Budaya Media

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Anofrina, H. (n.d.). Analisis Semiotika Representasi Persahabatan dalam Film. Ilmu Komunikasi. Universitas Airlangga.

Eriyanto. (2017). Analisis Naratif (Cet 3). Jakarta: Kencana.

Foucault, M. (2002). Pengetahuan dan Metode Karya-Karya Penting Foucault. (Arief, Ed.). Yogyakarta: Jalasutra.

Intan, F. (2016). Membaca Film Indonesia Bertema Religi. Universitas Airlangga.

Kellner, D. (2016). Budaya Media. (Muhammad Al-Fayyadi, Ed.). Yogyakarta: Jalasutra.

Mudhoffir, A. M. (2013). Teori Kekuasaan Michel Foucault: Tantangan bagi Sosiologi Politik. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 18(1), 75–100. https://doi.org/10.7454/mjs.v18i1.3734

Panuju, R. (2017). Pengawasan Iklan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Televisi. Jurnal Studi Komunikasi, 1(2).

Panuju, R. (2002). Relasi Kuasa (Cetakan I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permatasari, C. (2016). Representasi Kepemimpinan Presiden Soekarno Dalam Film. Universitas Airlangga.

Rivai, V. (2003). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rivers, William L, J. W. J. T. P. (2008). Media masa dan Masyarakat Modern (Ed.2). Jakarta: Prenada Media Group.

Susilo, D., & Kodir, A. (2016). Politik Tubuh Perempuan: Bumi, Kuasa, dan Perlawanan. Jurnal Politik, 1(2), 317-330.

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi (Cet. 3). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. (2014). Komunikasi Naratif. (Adriyani Kamsyach, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i2.484

DOI (Download (PDF)): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i2.484.g468

Refbacks





ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015