Digital public relations sebagai media publikasi dalam dunia pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v11i1.42246Abstrak
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan digital public relations sebagai media publikasi dalam meningkatkan citra SMP An Namiroh 1 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradgima post-positivistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan interactive model yang mencakup tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Informan pada penelitian ini berjumlah 8 orang yaang terdiri dari kepala sekolah, HD multimedia, staff multimedia, siswa, dan wali murid. Pemilihan informan menggunakan metode purposive yang berdasarkan pada asas dan juga kesesuaian dengan penentuan kriteria informan. Objek penelitian ini adalah pengelolaan digital public relations sebagai media publikasi dalam meningkatkan citra SMP An Namiroh 1 Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses membagikan, Tim Multimedia SMP An Namiroh 1 Pekanbaru menggunakan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, WhatsApp, dan Website, untuk menyebarluaskan informasi dan membangun keterlibatan audiens. Instagram menjadi platform utama dalam strategi komunikasi sekolah. Optimalisasi media sosial dilakukan dengan penataan tampilan feed, konsistensi jadwal unggahan, serta kolaborasi dengan figur berpengaruh di lingkungan sekolah. Penggunaan identitas visual yang khas serta konsistensi dalam branding sekolah membantu memperkuat persepsi positif di mata publik. Tim Multimedia secara aktif melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap performa media sosial melalui fitur insight yang tersedia di berbagai platform. Data insight digunakan untuk menyusun strategi komunikasi yang lebih efektif. Dan Keberhasilan strategi digital public relations SMP An Namiroh 1 Pekanbaru juga didukung dengan upaya mengajak audiens untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai aktivitas sekolah melalui media sosial.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-04-30 (2)
- 2025-04-30 (1)