Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-04-30. Baca versi terbaru.

STRATEGI PUBLIC RELATIONS TELKOMSEL BRANCH BALIKPAPAN UNTUK MENINGKATKAN CITRA DI KALANGAN SISWA SMA/SMK BALIKPAPAN MELALUI PROGRAM DIGI SCHOOL

Penulis

  • Sharon Salsabila Universitas Mulawarman
  • Kheyene Molekandella Boer Universitas Mulawarman
  • Ainun Ni'matu Rohmah Universitas Mulawarman
  • Harry Irsa Muhammad Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v11i1.41937

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi public relations telkomsel branch balikpapan untuk meningkatkan citra di kalangan siswa sma/smk balikpapan melalui program digi school. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi Public Relations Telkomsel Branch Balikpapan untuk meningkatkan citra di kalangan siswa SMA/SMK dilakukan melalui identifikasi segmen pelajar SMA/SMK Balikpapan sebagai pengguna utama, dengan menekankan kualitas layanan dan komitmen membangun infrastruktur telekomunikasi merata. Melalui program DigiSchool, Telkomsel mengenalkan produk digital seperti GamesMax, Maxstream, LangitMusik dan Kartu ByU, sekaligus mendukung pendidikan dengan membangun ekosistem digital di sekolah dan menyelenggarakan pelatihan keterampilan dan kompetisi seperti public speaking, kelas studio broadcasting dan turnamen E-Sport. Program ini dirancang secara terstruktur melalui kunjungan sekolah, pelatihan, dan pemanfaatan media sosial untuk memperluas dampak. Evaluasi menunjukkan program ini berhasil meningkatkan pangsa pasar, loyalitas pengguna, serta citra Telkomsel sebagai pendukung generasi muda, dengan capaian 80% SMA/SMK di Balikpapan.

Diterbitkan

2025-04-30

Versi

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian