Habitually Posting: Motivasi Penggunaan Media Sosial Saat Berolahraga

Penulis

  • Nafisa Rihadatul Aisy Telkom University, Bandung, Indonesia
  • Maylanny Christin Telkom University, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v11i1.41492

Abstrak

Abstrak

Pound Fit memiliki penggambaran yang unik di kalangan masyarakat Indonesia, terlihat dari banyaknya konten terkait yang diunggah di media sosial, terutama oleh wanita. Banyak individu yang, meskipun bukan profesional, suka membagikan aktivitas olahraga ini di platform media sosial. Sebanyak 85.5% partisipan dalam penelitian menyatakan bahwa mereka memiliki kebiasaan mengunggah momen berolahraga di media sosial, dengan platform yang paling banyak digunakan adalah Instagram, WhatsApp, dan TikTok. Kebiasaan ini menciptakan pola perilaku media sosial yang menarik. Kegiatan Pound Fit dianggap memberikan pendekatan baru yang menyenangkan dalam berolahraga, yang memenuhi kebutuhan kognitif individu untuk memahami teknik dan manfaat olahraga ini. Ketertarikan terhadap Pound Fit berkaitan dengan keinginan untuk mengurangi stres dan berinteraksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan model analisis data Miles dan Huberman (2014) yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk mendapatkan kesimpulan yang valid. Dengan menerapkan teknik triangulasi data yang melibatkan verifikasi melalui berbagai sumber, penelitian ini menemukan bahwa motivasi berperan penting sebagai dorongan sosiopsikologis yang mendorong individu untuk mengekspresikan diri. Hasil analisis menunjukkan bahwa keberagaman aktivitas di media sosial, khususnya Instagram, berimplikasi pada peningkatan keterbukaan diri di antara pengguna. Dalam konteks ini, olahraga, termasuk kegiatan seperti Pound Fit, tidak hanya memberikan manfaat fisik tetapi juga berfungsi sebagai saluran untuk pelampiasan emosi dan pencarian kebahagiaan, serta meningkatkan interaksi sosial. Temuan ini menekankan pentingnya memahami motivasi di balik aktivitas fisik dan dampaknya terhadap kesejahteraan emosional individu.

 

Kata Kunci: Motivasi, Sosial Media, Olahraga, Uses and Gratification

Biografi Penulis

Nafisa Rihadatul Aisy, Telkom University, Bandung, Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia

Maylanny Christin, Telkom University, Bandung, Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia

Diterbitkan

2025-04-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian