Citra Perusahaan Melalui Event Euro Futsal Championship 2023 PT. Djarum
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v10i2.4001Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelaksanaan Event Euro Futsal Championship 2023 yang dinilai belum secara optimal terlaksana dengan baik, karena jumlah peserta kurang memenuhi target serta kendala meningkatnya jumlah pengunjung tidak setara dengan fasilitas yang disiapkan. Berdasarkan hasil observasi peneliti, event ini selalu menjadi pusat perhatian generasi muda pecinta sepak bola liga eropa. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pelaksanaan Event Euro Futsal Championship 2023 dilihat dari aspek motif, pengalaman dan makna. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu Event Euro Futsal Championship 2023 yang diselenggarakan oleh PT Djarum DSO Garut. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 5 orang informan dan 3 orang narasumber. Hasil penelitian menunjukkan motif yang melatarbelakangi pelaksanaan Event Euro Futsal Championship 2023 karena program rutin perusahaan, kolaborasi dan hubungan bisnis serta komitmen pada kesehatan dan kesejahteraan rakyat. Event ini dilaksanakan untuk menjaga citra perusahaan, mewadahi dan memfasilitasi pecinta olahraga futsal, menghadirkan peluang dan kompetensi serta untuk hiburan. Adapun pengalaman dari pelaksanaan event ini yakni adanya keterbatasan dalam promosi, peningkatan citra perusahaan serta adanya peningkatan kerjasama dan keterampilan tim. Makna komunikasi yang terkandung dalam event euro futsal championship 2023 yakni sebagai pembelajaran dan peningkatan, bentuk tanggung jawab sosial, serta ajang silaturahmi dan kolaborasi.Referensi
Aldira, N. P. (2020). Motif Penggunaan Fitur Stories Highlight Instagram sebagai Memori Generasi Milenial. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8, 149-164. doi:http://dx.doi.org/10.36080/ag.v8i2.1180
Adian, D. G. (2016). Pengantar Fenomenologi. Jakarta: Penerbit Koekoesan Indonesia.
Azmaunazar. (2018). Pengaruh Bahaya Iklan Bahaya Merokok Terhadap Tingkat Konsumsi Rokok pada Masyarakat PekerjaKeras/Tukang Bangunan di Gampong Keutapang Lhoksukon Aceh Utara. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 2, 127-146. doi:http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v2i2.4460
Azizah, N., & Lovett, M. M. (2021). Analisis Event Marketing dalam Meningkatkan Citra Merk Stikom Interstudi. Jurnal Spesia UNISBA, 7, 312-321. doi:http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27189
Djarum. (2022). djarum.com. Retrieved from PT. Djarum: https://www.djarum.com/about
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak di Instagram. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 12, 55-65. Retrieved from https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/529
Fricilia, F. A., & Wulan, S. (2022). Analisis Strategi Bisnis untuk Mempertahankan Daya Saing pada Bengkel Body Repair Mipa Champion Bandar Lampung di Masa Pandemi 2019. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1, 917-930. doi:https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.110
Kallista, & Ritonga, R. M. (2023). Peran Event Dalam Meningkatkan Citra
Destinasi Pariwisata Kota Jakarta. Jurnal Ilmiah Global Education, 4, 1810-1818. doi:10.55681/jige.v4i3.1248
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran.
Madhalena, E., & Syahputra. (2018). Pengaruh Event Marketing Terhadap Brand Image Rokok Djarum Super Mild PT Djarum. Jurnal Ecodemika, 4, 174-188. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica
Mahanani, F. P., Christanti, M. F., & Uljanatunnisa. (2020). Strategi Komunikasi Organisasi Fungsi HSSE PT Pertamina Patra Niaga Dalam Menjaga Citra Perusahaan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3, 100-111. doi:https://doi.org/10.32509/pustakom.v3i1.998
Mahdi, M. I. (2021). Siapa Penguasa Pangsa Pasar Rokok di Indonesia? Retrieved from DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/siapa-penguasa-pangsa-pasar-rokok-di-indonesia
Meilina, I., & Patrianti, T. (2023). Event Management PT Neo Expo Promosindo Dalam Membangun Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Pada Event IFBC 2022). Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2, 43-50. Retrieved from https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/165
Munzir, Rini, T. H., & Aziz, M. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 16-26. doi:doi.org/10.5281/zenodo.7834683%20
Robertus, B. H., Suparnyo, S., & Sulistyowati. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas di PT. Djarum Kudus sebagai Wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan untuk Pelayanan Masyarakat Sekitar. Jurnal Suara Keadilan, 21, 31-48. doi:doi.org/10.24176/sk.v21i1.5680
Santina, R. O., Hayati, F., & Oktarina, R. (2021). Analisis Peran Orangtua dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2, 1-13. Retrieved from https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/319
Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6, 325-338. doi:https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21211