Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Azwa Perfume Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v10i2.3922Abstrak
Azwa Perfume Pekanbaru merupakan perusahan perfume lokal yang sudah menciptakan merek dan aromanya sendiri. Strategi komunikasi pemasaran yang mereka lakukan terutama dalam hal iklan dan promosi penjualan agar bisa menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Teori yang digunakan adalah teori stimulus-organism-respons (S-O-R). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk azwa perfume Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif dan kuesioner sebagai instrumen utama dalam pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen member azwa perfume pekanbaru. Dalam menentukan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah responden sebanyak 90 responden yang menggunakan teknik non probability sampling berupa accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, secara parsial menunjukkan bahwa variabel iklan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persentase sebesar 45%, maka dari itu H1 dapat diterima kebenarannya. Kemudian pada variabel promosi penjualan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan Pembelian (Y) dengan persentase sebesar 35,8%, maka dari itu H2 dapat diterima kebenarannya. Secara simultan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan (X1) dan promosi penjualan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persentase sebesar 49% maka dari itu H3 dapat diterima kebenarannya. Dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, perusahaan dapat menerapkan strategi komunikasi pemasaran terutama dalam hal iklan dengan memperhatikan tujuan, pesan, dan media yang tepat serta dalam promosi penjualan dengan memberikan potongan harga(diskon), kartu member, dan sampel produk gratis kepada konsumen. Kata-kata kunci: komunikasi pemasaran, iklan, promosi penjualan, keputusan pembelianReferensi
Agustina, S. (2020). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. Management Pemasaran, 9(2), 26.
Cahya, E. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Xperia Z Series Di Counter Insight Plaza Marina Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2).
Delima, M. K., & Humaidi, M. A. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Buku Oleh Masyarakat Pada Gramedia Banjarmasin Veteran. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1).
Ekalista, P., & Hardianto, W. T. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Kartika Graha Malang dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 20–26.
Gultom, N. C., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Ingat Kopi Kota Sorong. Productivity, 3(5), 384–389.
Morrisan, M. A. (2015). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Ningrum, O. R. P., & Atmodjo, J. T. (2021). Pengaruh Periklanan Tokopedia Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Mercu Buana Jakarta. Jurnal Visi Komunikasi/Volume, 20(02), 294–306.
Nurdiana, I., Aksan, P., & Hamali, A. Y. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT Cemara Agung Sejahtera. Banking and Management Review, 8(2), 1169–1184.
Oktarina, W. (2018). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Membeli Produk Wardah Pada Mahasiswi Febi Uin Raden Fatah Palembang. Uin Raden Fatah Palembang.
Philip Kotler, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Sholihat, A., & Rumyeni, R. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. Riau University.
Sinambela, D. R., Winarto, W., & Panjaitan, M. (2019). Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Prima Motor Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah METHONOMI, 5(1), 67–74.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.
Tasruddin, R. (2015). Strategi promosi periklanan yang efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1).