Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di PT Tama Cokelat Indonesia

Penulis

  • Raden Ismira Febrina Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut
  • Firmansyah Firmansyah Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut
  • Resty Mustika Pratiwi Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v10i2.3676

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat, serta perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek, salah satunya aspek pemasaran. Pemasaran tidak akan pernah bisa lepas dengan persaingan, hal tersebut membuat perusahaan memikirkan strategi yang tepat agar dapat berkembang di dunia bisnis. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh para pelaku usaha tidak cukup hanya produk atau jasa yang berkualitas atau harga kompetitif, namun membutuhkan perkembangan yang lebih dari sekedar itu, yakni proses komunikasi yang efektif sebagai suatu sarana dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif, guna memelihara hubungan harmonis antara perusahaan dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkao fakta Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di PT Tama Cokelat Indonesia yang dilakukan di PT Tama Cokelat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah model analisis data Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Integrated Marketing Communication. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan di PT Tama Cokelat Indonesia menggunakan lima aktivitas Integrated Marketing Communications yang populer dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yakni berupa advertising, sales promotion, direst marketing, personal selling, dan public relations. Penerapan konsep Integrated Marketing Communications ini cukup baik dan efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan produk. Kata-Kata Kunci : Integrated Marketing Communications, Bisnis, Pemasaran

Biografi Penulis

Raden Ismira Febrina, Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut

Firmansyah Firmansyah, Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut

Resty Mustika Pratiwi, Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Garut

 

Referensi

Daftar Pustaka

Fawzi, Marissa Grace Haque, dkk. 2022. Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books

Hamdani, Nizar Alam, Hestri Okpriana. 2016. Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Van Java Chocolate Ginger Di PT. Tama Cokelat Indonesia. Jurnal Wacana Ekonomi Vol. 16; No. 01; Tahun 2016

Irawan, Rahmat Edi, Merry Fridha. Strategi Integrated Marketing Communication (Imc) Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness Net TV.

Jatmiko. (2014). Komunikasi Pemasaran Sebagai Strategi Memperluas Pasar. <https://www.esaunggul.ac.id/komunikasi-pemasaran-sebagai-strategi-memperluas-pasar/>

Kharisma, Resva Inggil, Lina Sinatra Wijaya. 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu “Salatiga Movement (Sm)” Dalam Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Masyarakat Salatiga. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol. 5, No. 2, Oktober 2019 Halaman 261-274

Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron. 2019. Metode penelitian kualitatif. Semarang: Lembaga pendidikan Sukarno Pressindo.

Lukitaningsih, Ambar. 2014. Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi Dan Implikasinya. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 14, No. 1, April 2014

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Brand Dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian-ISSN: 2461-0836

Rahmadi, Ipin. Dewi Quraisyin. 2015. Penerapan Integrated Marketing Communication (Imc) Di Media Radio Segara Fmbangkalan. Komunikasi, Vol. IX No. 01, Maret 2015

Rismayanti Rebekka. 2016. Integrated Marketing Communications (IMC) di PT halo rumah bernyanyi. Jurnal Komunikasi. 13(2): 253-265.

Santara, Marsha Vella, Heidy Arviani. 2023. Strategi marketing communications melalui emina girl gang ambassador oleh emina cosmetics di masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian E-ISSN: 2580-538X, Volume 9, No. 2, Oktober 2023, hlm. 179-196

Safitri, Erlin, Lina Auliana, Iwan Sukoco, Cecep Safaatul. 2022. Barkah Kajian Literatur Peran Integrated Marketing Communication (IMC) dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Jabis Volume 19 No.2 Desember 2022.

Vivaldy, Eugenius, Imelda W. J. Ogi, Debry Ch. A. Lintong. 2023. Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Volume Penjualan Perumahan Pada PT. Elfando Bersaudara Sentosa Di Minahasa Utara. Jurnal EMBA Vol. 11 No. 1 Februari 2023, Hal. 866-872

Wibowo, Stefanie Carolina, Lina Sinatra Wijaya. 2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT Indaco Warna Dunia Dalam Mempromosikan Produk Cat. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian E-ISSN: 2580-538X, Volume 9, No. 1, April 2023, hlm. 975-993

Widyastuti, Sri. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta Selatan: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila.

Databoks.katadata.co.id https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/14/pemanfaatan-internet-oleh-pelaku-usaha-digital

File Tambahan

Diterbitkan

2024-10-31

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian