KONSEP CITIZEN JOURNALISM PADA KONTEN VLOG “BELAJAR PRA SEJARAH DI MUSEUM SRI BADUGA BANDUNG

Raessa Adliashany, Hadi Purnama

Abstrak


Abstrak
Vlog atau video blog merupakan trend baru di masyarakat sejak munculnya media sosial yang mudah diakses dan menjangkau berbagai kalangan. Pada umumnya suatu konten vlog berisikan rekaman kegiatan sehari-hari dari pembuat konten yang cenderung hanya untuk eksistensi dan kesenangan semata. Namun, terdapat vlog yang berisikan informasi bermanfaat bagi masyarakat yaitu vlog perjalanan ke museum dengan judul “Belajar Pra Sejarah di Museum Sri Baduga Bandung”. Vlog ini kemudian dianalisis unsur dan konsepnya untuk mengetahui jika dalam suatu vlog terdapat unsur citizen journalism, karena maksud dan tujuan dari konten vlog perjalanan dapat dikatakan menyerupai dengan konten citizen journalism untuk kategori soft news. Dengan menggunakan metode kasus, untuk memperoleh hasil penelitian dilakukan observasi dan wawancara dengan beberapa informan terkait, serta beberapa hasil dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu vlog “Belajar Pra Sejarah di Museum Sri Baduga Bandung” memuat konten yang bermanfaat bagi masyarakat mengenai keberadaan dan wujud fisik dari Museum Sri Baduga, serta secara keseluruhan vlog ini dapat dikatakan sebagai konten citizen journalism untuk kategori soft news (feature) karena memenuhi semua unsur dan ciri-ciri yang harus dipenuhi dalam suatu karya jurnalistik feature, serta pungsi pers dalam suatu karya jurnalistik. Namun, secara keseluruhan vlog ini memerlukan beberapa perbaikan dari segi pengambilan gambar dan pengemasan konten agar khalayak dapat mendapatkan informasi menyeluruh dan memahaminya lebih baik.

Kata Kunci: Vlog, Museum Sri Baduga, Citizen Journalism
Abstract
Vlog or video blog is a new trend in society since the birth of social media era which is accessible and reachable for every kind of people. In general, a vlog content is all about daily activity of the content maker that tend to purpose only for their existent and fun. But however, there are actually vlogs that serve useful information for society in that case is travel vlog about museum in “Belajar Pra Sejarah di Museum Sri Baduga Bandung”. This vlog then had some analytical process on its element and principle to seek if there is actually citizen journalism element, because the purpose of a vlog is similar to citizen journalism content for soft news category. This research used case study method to collect all the data and information needed through observation, in depth interview and a few documentations of this research. The result of this research is that vlog “Belajar Pra Sejarah di Museum Sri Baduga Bandung” includes useful content and information for society about Museum Sri Baduga existent and this vlog overall is similar to citizen journalism content in feature news category because it includes all the element and characteristics of feature journalism and the function of press in journalism product. But however, in all conclusions this vlog needs some revisions in camera shots and contents in order to make audiens understand and find comfort in the vlog.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Buku

Bowman, S. and Willis, C. (2003). "We Media: How Audiences are Shaping the Future of News and Information.". The Media Center at the American Press Institute.

Creswell, John. W. (2014). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniawan Moch, Kurniawan. 2006. Jurnalisme Warga: Prospek dan Tantangannya. Sosial Humoniora. Vol. 11. No. 2, Halaman 71-78

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Musman, Asti & Nadi Mulyadi. (2017). Jurnalisme Dasar Panduan Praktis Para Jurnalis. Yogyakarta: Komunika.

Nugraha, Pepih. (2012). Citizen Journalism Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Wendratama, Engelbertus. (2017). Jurnalisme Online Panduan Membuat Konten Online yang Berkualitas dan Menarik. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Widarmanto, Tjahjono. (2015). Panduan Awal Penulis dan Jurnalis. Yogyakarta: Araska.

Yin, Robert, K. (2002). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Internet

http://museumsribaduga.jabarprov.go.id/sejarah (diakses pada hari Kamis, 5 Oktober 2017 pukul 00.53 WIB)

https://www.cnbc.com/2017/06/22/youtube-claims-1-point-5-billion-monthly-users.html (diakses pada hari Selasa, 31 Oktober 2017 pukul 20.17 WIB)

http://youtube.com keyword “Museum Sri Baduga”

https://www.youtube.com/channel/UCLdP0IcvmI6kkv-2fUDR1HA (channel Shanisa Rahmaputri)

(http://www.loop.co.id/articles/apa-sih-vlog-itu-kok-ngetren-banget-ya diakses pada Kamis, 8 Maret 2018)

(http://vloglikepro.com/10-different-popular-types-vlogs diakses pada Kamis, 8 Maret 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i1.359

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i1.359.g351

Refbacks





ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015