PENGELOLAAN KESAN POLISI PEREMPUAN BERHIJAB

Fhuzy Nurul Fatmala, Zikri Fachrul Nurhadi, Hanny Latifah

Abstrak


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perkembangan hijab yang semakin berkembang dan merambat ke berbagai aspek mulai dari hiburan sehingga aparat negara salah satunya yaitu Polisi Perempuan, hal ini disebabkan karena kewajiban seorang muslim perempuan yang harus menutup auratnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana seorang Polisi Perempuan Berhijab di Polres Garut mengelola kesan di panggung depan, tengah dan belakang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan metode Deskriptif kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipan, studi pustaka, dan dokumentasi. Adapun informan yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu sebanyak lima informan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kesan Polisi Perempuan Berhijab di kehidupan front stage merujuk bahwa penampilan dan sikap polisi perempuan berhijab diatur oleh Kapolri, serta middle stage Polisi Perempuan Berhijab merujuk bahwa persiapan Polisi perempuan mulai dari pakaian, makeup dan aksesoris yang akan dikenakan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Kapolri, dan bagian back stage merujuk bahwa informan menampilkan diri mereka yang asli menjadi seorang ibu rumah tangga dan mahasiswa begitu pula dengan pakaian serta perilaku Polisi perempuan yang terlihat lebih informal.
Kata Kunci: Pengelolaan Kesan, Polisi Perempuan Berhijab, Dramaturgi

Abstract
The background of this research was because of the development of hijab growing and spread to various aspects ranging. The average of police woman was muslim, so they had to cover her private part according to obligation as a moeslim. The purpose of this research is to know how a Policewoman Berhijab manages impression. The research method used in this research was qualitative with qualitative descriptive method and using constructivism paradigm. Data collection techniques were conducted by in-depth interviews, participant observation, literature study, and documentation. There were five informants in this research. The results of the study indicated that the managements of impression of policewoman with hijab in the front stage life, refers to the appearance and attitude of the policewoman with hijab, refers to the appearance and attitude of the police officer of the police officers has been arranged by the Chief of Police, as well as the middle stage Women Police Berhijab, refers that the preparation of female Policemen ranging from clothing, makeup and accessories to be worn according to the rules which has been determined by the Chief of Police, and the back stage, refers to the fact that informants present themselves as natives and housewives as well as the more informal clothing and behavior of female Police.
Keywords: Managements of Impression, Police Women Berhijab, Dramaturgi

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ardial, H. (2015). Paradigma Dan Medel Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ardianto, E. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

________, E (2007). Metode Penelitian untuk Public Relations.Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasai: Disertai Contoh Praktik Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencna Prenada Media Group.

Littlejhon, S. W., & Karena A Foss. (2014). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

________, L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Zikri Fachrul. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

________, Zikri Fachrul. (2015). Teori-Teori Komunikasi. Bogor : Ghalia Indonesia.

Nurhadi, & Makbul A H Din. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfbeta.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdaarya.

Ruslan, R. (2010). Menejemen Public Relation Dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajagrafinfo Persada.

Sukidin, B. (2002). Metode Penelitian Perspektif Mikto. Surabaya: Insan Cendekian

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

West, R., & Lynn H Turner. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi Analisis Dan Aplikasi. Jakarta: Salembar Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i1.358

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v4i1.358.g350

Refbacks





ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015