STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS WEBSITE E-MARKETPLACE

Melati Agustin Yumikosari, Hadi Purnama

Abstrak


Abstrak. Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan dua pertiga luas Indonesia adalah lautan atau setara dengan 70% dari total luas wilayah Indonesia. Dengan kekayaan laut yang melimpah tentunya berpeluang untuk menyejahterakan para nelayan dan memasarkan komoditas hasil laut secara global. Pasarlaut.com merupakan marketplace dan platform jual beli hasil laut yang bertujuan untuk mensejahterakan nelayan dan memutus rantai penjualan ikan yang merugikan para nelayan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Cyber Public Relations Pasarlaut.com dalam menginformasikan Pasarlaut.com. Metode penelitian yangdigunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisisstudi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1.Tujuan dilakukannya Cyber Public Relations adalah untuk membangun pengenalan merek dan pengetahuan tentang website Pasarlaut.com. 2. Pasarlaut.com menggunakan empat tools dari enam tools Cyber PR yaitu: website, E-mail, Media Sosial dan Publisitas melalui mesin pencari. 3. Dalam perencanaan dan pelaksanaan terdapat beberapa langkah yang digunakan oleh pihak Pasarlaut.com dalam melakukan strateginya, diantaranya: Content management, Media Relations, Social Media Program dan Penggunaan SEO Organic. 4. Evaluasi dilakukan dengan komunikasi langsung atau tatap muka dalam kegiatan rutin Morning Glory, data evaluasi di dapat dari penggunakan aplikasi analytics.

Kata kunci: Cyber Public Relations, Strategi Cyber Public Relations, Pasarlaut.com

Abstract. Indonesia is well known as a maritime country. 2/3 of the total area of Indonesia or equivalent to 70% of the total area of Indonesia is an ocean. With a wealth of abundant sea, Indonesia would have a chance to prosper the fishermen and sell the commodities of marine products to foreign countries. Pasarlaut.com is a marketplace and platform to buy and sell seafood aimed at welfare of fishermen and break the chain of fish sales that harm the fishermen. This study aims to find out how the Cyber Public Relation strategy of Pasarlaut.com educate public about Pasarlaut.com. This research is using qualitative approach method. The results of this study show that: 1. Cyber Public Relations goal is to build brand recognition and knowledge about the website Pasarlaut.com. 2. Pasarlaut.com uses four tools from six Cyber PR tools: website, E-mail, Social Media and search engine publicity. 3. In planning and implementation, there are several steps used by the Pasarlaut.com in doing strategy, including: Content Management, Media Relations, Social Media Program and SEO Organic. 4. Evaluation is done by direct communication or face-to-face in the morning of Morning Glory routine activity, evaluation data from the use of analytics application.

Keywords: Cyber Public Relations, Cyber Public Relations Strategy, Pasarlaut.com

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.250

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.250.g267

Refbacks





ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015