ANALISIS KOMUNIKASI VIRTUAL PADA KELOMPOK GAMERS DOTA 2

Annisa Risecha Junep, Frenky

Abstrak


Adanya teknologi yang disebut internet, komunikasi dapat dilakukan dimana saja. Komunikasi dilakukan dengan menggunakan internet disebut dengan istilah komunikasi virtual. Komunikasi tatap muka atau ¬face-to-face telah memudar sejak adanya komunikasi virtual. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang proses saluran komunikasi game online DotA 2 pada tim the spartan squad yang berjumlah 5 orang anggota. DotA 2 atau Defence of the Ancient 2 merupakan game online terpopuler dikalangan remaja saat ini dengan peningkatan pemain yang sangat drastis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan proses komunikasi virtual yang terjadi pada game DotA 2 tersebut kepada 5 orang informan dari tim the spartan squad dan fasilitas komunikasi virtual yang digunakan seperti chatbox, microphone, dan chat wheel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah proses saluran komunikasi pada game dota 2 mempunyai pengaturan masing-masing dan biasanya tim the spartan menggunakan game online DotA 2 sebagai sebuah media komunikasi antar anggota tim the spartan squad. Biasanya tim the spartan squad berinteraksi tentang bagaimana strategi yang akan dimainkan pada game online DotA 2 tersebut.

Kata Kunci: Defence of the Ancient 2, Komunikasi Virtual, The Spartan Squad

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.239

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.239.g221

Refbacks





ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015