PENGARUH FERMENTASI LIMBAH ISI GIZZARD (LIGAB) DAN DEDAK DENGAN Trichoderma TERHADAP KADAR AIR DAN PROTEIN KASAR

Deni Ginanjar, Titin Nurhayatin, Ervi Herawati

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fermentasi limbah isi gizzard dan dedak padi dengan Trichoderma terhadap kadar air dan protein kasar. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Terpadu Universitas Garut dan Laboratorium Nutrisi dan Kimia Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan acak lengkap (RAL), menggunakan 5 perlakuan dan 4 ulangan, perlakuan terdiri dari : P1= 90% LIGAB+5% dedak + 5% Trichoderma, P2= 85% LIGAB+10% dedak + 5% Trichoderma, P3= 80% LIGAB+15% dedak + 5% Trichoderma, P4= 75% LIGAB+20% dedak + 5% Trichoderma, P5= 70% LIGAB+25% dedak + 5% Trichoderma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P5 dapat menurunkan kadar air dan meningkatkan protein kasar bahan pakan.

Kata kunci: fermentasi, isi gizzard, dedak, Trichoderma, protein

Teks Lengkap:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v2i2.441

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : janhusscience@gmail.com



PISSN/EISSN :                                                UNDUH TEMPLATE

                  

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

                               

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.