PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN PODCAST BERMUATAN EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGARKAN DAN BERBICARA SISWA KELAS 6 SDN 1 TEMPURAN
Abstrak
Pendidikan berperan penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, di Indonesia, kualitas pendidikan masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk metode pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas siswa melalui penerapan Project-Based Learning (PjBL) dengan penggunaan podcast bermuatan edukasi sebagai media pembelajaran yang menarik dan fleksibel, terutama dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest untuk mengukur efektivitas model PjBL berbantuan podcast terhadap peningkatan kemampuan siswa. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas 6 SDN 1 Tempuran. Data dikumpulkan melalui tes mendengarkan dan berbicara, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor posttest dibandingkan pretest, dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model PjBL berbantuan podcast efektif dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa. Oleh karena itu, pendidik dapat memanfaatkan model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan di era digital dan menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi