WORD SQUARE: MODEL PEMBELAJARAN YANG BERPENGARUH TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

WORD SQUARE: MODEL PEMBELAJARAN YANG BERPENGARUH TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Faza Amalia Universitas Islam Sultan Agung
  • Muhamad Afandi Universitas Islam Sultan Agung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap kemampuan berpikir

kritis siswa pada pelajaran IPA, khususnya materi Gaya di Sekitar Kita di kelas IV SD Islam Al Fattah. Masalah yang

diangkat adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang teramati melalui hasil belajar sebelumnya. Metode

yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen quasi-experimental non-

equivalent control group design. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada dua kelompok

siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model Word Square dan kelompok kontrol yang menggunakan

metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam

kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 53,08 dan posttest sebesar

71,04. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Word Square berpengaruh positif terhadap

kemampuan berpikir kritis siswa. Saran yang diberikan adalah agar guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif, seperti Word Square, untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa di kelas.

Diterbitkan

2025-02-17