PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GRUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif Group Investigation yang menggunakan media Kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keragaman budaya Indonesia di kelas V SDN Gebang Sari 2. Problematika yang dihadapi adalah rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, yang berdampak pada kemampuan berpikir kritis mereka. Dengan metode kuantitatif dan desain pre-experimental one-group pretest-posttest design, penelitian ini melibatkan 22 siswa sebagai sampel. Data diperoleh melalui tes pretest dan posttest yang dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest siswa adalah 54,5, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 80, dengan 11 siswa mencapai ketuntasan. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig. 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan media Kahoot secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga disarankan agar guru menerapkan model ini dalam pembelajaran.