Program Sekolah Ramah Anak Pada Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SDN Teluk Pucung VI

I Gusti Ayu, Suharjuddin Suharjuddin

Sari


Pembentukan karakter adalah suatu proses yang dilakukan dalam pendidikan guna menanamkan nilai-nilai dasar karakter kepada suatu individu untuk membangun kepribadian, dimana salah satu nilai karakter yang penting untuk ditanamkan kepada peserta didik adalah nilai karakter kedisiplinan.  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program sekolah ramah anak pada pembentukan karakter disiplin siswa di SDN Teluk Pucung VI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deksriptif. Hasil dari penelitian ini bahwasannya program Sekolah Ramah Anak pada pembentukan karakter disiplin siswa di SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi sudah cukup baik dan efektif dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Dimana semua yang terdapat pada indikator kebijakan sekolah ramah anak tersebut saling terkait dan mendukung dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang menjaga, mencontohkan kedisiplinan dengan harapan menumbuhkan kedisiplinan siswa. Lalu pada indikator kedua kurikulum dan pembelajaran terbukti menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan mendukung perkembangan karakter disiplin siswa secara optimal.  Kemudian pada indikator ketiga partisipasi anak berperan dalam menumbuhkan keaktifan siswa dalam mengembangkan karakter kedisiplinan di lingkungan sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Kata Kunci


Pembentukan Karakter, Disiplin, Siswa

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v3i2.41563

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: