PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA

Laelati Fauziyah Udayana, Yena Sumayana, Deni Moh. Budiman

Sari


Peneliti melaksanakan penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pembelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya. Salah satu solusi altrnatif yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran ikuiri dalam pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada materi wujud zat dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV SD Negeri Cibeureum I tahun pelajaran 2023/2024.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design pada siswa kelas IV SD Negeri Cibeureum I yang berjumlah 29 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada materi wujud zat dan perubahannyapada siswa kelas IV SD Negeri Cibeureum Itahun ajaran 2023/2024.hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata kemampuan awal pemahaman siswa sebelum perlakuan (pretest) memperoleh rata-rata sebesar 44, 82sedangkan setelah perlakuan (posttest) sebesar 84, 82. Berdasarkan uji normalitas diperoleh nilai Lmaks pretest sebesar 0,152, dan nilai Lmakspostest sebesar 0,144 dengan nilai tabel lilieforsLtabeldalam taraf nyatanya 0,05 sebesar 0, 161. Sehingga, nilai pretestLmaks(0,152<Ltabel (0,161) dan nilai postest Lmaks (0,144)< Ltabel (0,161) maka distribusi skor nilai pretest dan postest adalah normal. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji-t dapat dilihat bahwa thitung (27,648) dan ttabel (2,048) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) berbantuan media canva pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya kelas IV SD Negeri Cibeureum I tahun pelajaran 2023/2024.


Kata Kunci


Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Model Pembelajaran Inquiry, Media Canva.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2022). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives (Edisi 3). New York: Longman.

Aniyati, K dan Mustova. (2022). “Pendampingan Peningkatan Kualitas Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Camtasia Studio 8.0 Di MI Darussalam Tegalrejo Pelita Jaya”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.3,(1).

Budiman, H. (2017). “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8.

Ginting, H. (2021). “Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Penbelajaran. Vol. 1. (2).

Prasetyo, M.,B. (2021). “Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol. 9,(1).

Rhayu, et al. (2022). “Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia”. Jurnal Basicedu. Vol. 6,(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: CV Alpabeta

Sumayana, Y., dkk. (2024). “Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Zat Tunggal Dan Campuran”. Jurnal Universitas Sebelas April. Vol. 3, (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v3i2.41521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: