PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang muncul di SDN Pakuwon 1 Sumedang, yakni rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS tentang kekayaan budaya Indonesia. Salah satunya dipengaruhi metode yang digunakan oleh guru, metode yang digunakan yaitu ceramah saja yang berpatok pada buku teks. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media puzzle. Media puzzle menekankan pada diri siswa untuk aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian peneliti mengadakan penelitian mengenai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media puzzle dalam pembelajran IPAS.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan media puzzle dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggrt yang terdiri dari dua siklus, dan instrumen yang digunakan adalah tes tulis dan observasi. Motivasi yang diamati meliputi aspek ketekunan, keuletan dan kerjasama.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran IPAS pada materi kekayaan budaya Indonesia dengan menggunakan media puzzle mengalami peningkatan. Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa hasil pembelajaran IPAS pada materi kekayaan budaya Indonesia dengan data awal 39% meningkat pada siklus 1 menjadi 61% dan pada siklus II menjadi 91%. Sementara motivasi belajar siswa dengan data awal 55% meningkat pada siklus I memperoleh 68% dan pada siklus II mencapai 92%. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hal ini didukung oleh presentase pencapaian ketuntasan belajar melebihi 80% dan tergolong pada kategori sangat baik. Sedangkan KKM pada mata pelajaran IPAS adalah 70. Artinya penggunaan media puzzle pada pembelajaran IPAS pada materi kekayaan budaya Indonesia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download (PDF)Referensi
Mashuri. (2019). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Maviro, A. L. T. (2017). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV Min Lambaro Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Murti, I Gede Ari dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd. e-Junal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurnal PGSD, 9 (1): 1-11.
Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 1-6.
Suhardjono. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suratno. dkk (2022). Kurikulum dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2 (1), 1-9.
Susilo,dkk. (2022). Penelitian tindakan kelas. Malang: Media Nusa Creative
Sumayana, Y., dkk (2021). Penggunaan Media Pop up Book Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia. Jurnal Education, 7(4), 2076-2081.
Winanti, S. (2015). Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan
DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v3i2.41495
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Pengunjung :
Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id
Copyright © journal.uniga.ac.id 2021 | This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing: