PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI IMPLEMENTASI METODE RESITASI

Suharuddin Suharjuddin, Dela Nur Fadilah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan metode resitasi pada pembelajaran IPS tema 7 subtema 1 kelas V di SDN Harapan Jaya XVIII. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatiff dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, dokumentasi, dan  tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan Metode Resitasi memiliki respond baik terhadap pemahaman belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil tes sehingga didapatkan beberapa katagori yaitu katagori sangat baik 23%, baik 64%, cukup 3%, dan kurang baik 10% dengan nilai rata-rata 81. Kemampuan kognitif siswa di nilai. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar siswa memiliki hasil yang baik sehingga metode resitasi ini berpengaruh terhadap pemahaman belajar siswa. Hasil tes menunjukan terdapat beberapa katagori yaitu sangat baik 12%,  baik  33%, siswa cukup 15%, dan  kurang baik 40% dengan nilai rata-rata yaitu 72

Kata Kunci


Hasil Belajar; Metode Resitasi; Pembelajaran IPS

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v3i2.4077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: