PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI IMPLEMENTASI METODE RESITASI

Penulis

  • Suharuddin Suharjuddin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dela Nur Fadilah

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpgsd.v3i2.4077

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Metode Resitasi, Pembelajaran IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan metode resitasi pada pembelajaran IPS tema 7 subtema 1 kelas V di SDN Harapan Jaya XVIII. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatiff dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, dokumentasi, dan  tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan Metode Resitasi memiliki respond baik terhadap pemahaman belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil tes sehingga didapatkan beberapa katagori yaitu katagori sangat baik 23%, baik 64%, cukup 3%, dan kurang baik 10% dengan nilai rata-rata 81. Kemampuan kognitif siswa di nilai. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar siswa memiliki hasil yang baik sehingga metode resitasi ini berpengaruh terhadap pemahaman belajar siswa. Hasil tes menunjukan terdapat beberapa katagori yaitu sangat baik 12%,  baik  33%, siswa cukup 15%, dan  kurang baik 40% dengan nilai rata-rata yaitu 72

Biografi Penulis

Suharuddin Suharjuddin, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Prodi PGSD

Diterbitkan

2024-08-21