IINTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SWASTA ISLAMI: TANTANGAN DAN PELUANG
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpgsd.v2i1.3982Abstrak
Integrasi teknologi dalam pembelajaran di sekolah swasta Islam merupakan upaya yang kompleks dan dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi baik tantangan maupun peluang yang muncul dalam proses integrasi teknologi dalam pembelajaran di SDIT Al-Bayyinah. Dengan menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan integrasi teknologi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kebijakan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di era digital. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus dan teknik pengambilan sampel ini, menggunakan purposive sampling serta metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa langkah yang dilakukan SDIT Al-Bayyinah dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran telah sesuai dengan capaian visi sekolah. Kelebihan yang dimiliki seperti siswa yang memiliki fasilitas akses teknologi yang memadai, orang tua siswa yang mendukung setiap program, guru yang mumpuni, kebijakan yang adil serta tepat, dan capaian prestasi yang dimiliki membuktikan bahwa SDIT Al-Bayyinah telah berhasil menaklukan tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada dalam pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran.