KARAKTERISTIK SISWA PADA KONSEP EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • dinna kamalia universitas sunan giri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpgsd.v3i1.3655

Kata Kunci:

Epistemologi, Pendidikan Islam, Karakteristik.

Abstrak

Istilah epistemologi kerap kali kita dengar dalam bidang filsafat yang mana kaitanya dengan bagaimana pengetahuan itu diperoleh. Epistemologi Pendidikan islam ini mengkaji sebuah pengetahuan dari sudut pandang keislaman. Proses Pendidikan islam di Indonesia masih berfokus pada pada konsep kognitif (pengetahuan). Padahal, penerapan nilai-nilai islam dalam dunia Pendidikan juga sangatlah penting, agar peserta didik tidak hanya menjadi manusia yang cerdas tetapi juga berakhlak. Pendidikan islam sangatlah berpengeruh pada pembentukan karakteristik siswa, yang mana ajarannya tidak keluar dari aturan Al-Qur’an dan Assunnah. Dari sedikitnya penjelasan di atas, penelitian ini mendeskripsikan karakteristik siswa dan epistemologi Pendidikan islam dengan menggunakan metode library research. Yang nantinya penelitian ini akan memberikan penjelasan dan pengetahuan tentang pembentukan karakteristik siswa dengan adanya konsep epistemologi Pendidikan Islam.

Referensi

Agung, F. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI; KAJIAN

EPISTEMOLOGIS. Jurnal Pendidikan Islam, 52–70.

Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model

Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian

Masyarakat, 2(3), 160–174. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129

Curren, R. (2017). Why character education? Impact, 2017(24), 1–44.

Djollong, A. F. (2015). Epistemologi Filsafat Pendidikan Islam. Istiqra` : Jurnal

Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(1), 8–17.

El-yunusi, M. Y. M., Sunan, U., Surabaya, G., Chumairoh, A., Sunan, U., Surabaya, G.,

Khoiroh, Z., Sunan, U., & Surabaya, G. (2023). MENANAMKAN NILAI

AKHLAK MELALUI PEMAHAMAN DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM.

Jurnal Progam Study PGMI, 10(1), 322–342

File Tambahan

Diterbitkan

2024-03-04