KARAKTERISTIK SISWA PADA KONSEP EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Sari
dengan bagaimana pengetahuan itu diperoleh. Epistemologi Pendidikan islam ini mengkaji
sebuah pengetahuan dari sudut pandang keislaman. Proses Pendidikan islam di Indonesia
masih berfokus pada pada konsep kognitif (pengetahuan). Padahal, penerapan nilai-nilai
islam dalam dunia Pendidikan juga sangatlah penting, agar peserta didik tidak hanya
menjadi manusia yang cerdas tetapi juga berakhlak. Pendidikan islam sangatlah
berpengeruh pada pembentukan karakteristik siswa, yang mana ajarannya tidak keluar dari
aturan Al-Qur’an dan Assunnah. Dari sedikitnya penjelasan di atas, penelitian ini
mendeskripsikan karakteristik siswa dan epistemologi Pendidikan islam dengan
menggunakan metode library research. Yang nantinya penelitian ini akan memberikan
penjelasan dan pengetahuan tentang pembentukan karakteristik siswa dengan adanya
konsep epistemologi Pendidikan Islam.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download (PDF)Referensi
Agung, F. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI; KAJIAN
EPISTEMOLOGIS. Jurnal Pendidikan Islam, 52–70.
Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model
Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian
Masyarakat, 2(3), 160–174. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129
Curren, R. (2017). Why character education? Impact, 2017(24), 1–44.
Djollong, A. F. (2015). Epistemologi Filsafat Pendidikan Islam. Istiqra` : Jurnal
Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(1), 8–17.
El-yunusi, M. Y. M., Sunan, U., Surabaya, G., Chumairoh, A., Sunan, U., Surabaya, G.,
Khoiroh, Z., Sunan, U., & Surabaya, G. (2023). MENANAMKAN NILAI
AKHLAK MELALUI PEMAHAMAN DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM.
Jurnal Progam Study PGMI, 10(1), 322–342
DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v3i1.3655
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Pengunjung :
Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id
Copyright © journal.uniga.ac.id 2021 | This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing: