KARAKTERISTIK SISWA PADA KONSEP EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpgsd.v3i1.3655Kata Kunci:
Epistemologi, Pendidikan Islam, Karakteristik.Abstrak
Istilah epistemologi kerap kali kita dengar dalam bidang filsafat yang mana kaitanya dengan bagaimana pengetahuan itu diperoleh. Epistemologi Pendidikan islam ini mengkaji sebuah pengetahuan dari sudut pandang keislaman. Proses Pendidikan islam di Indonesia masih berfokus pada pada konsep kognitif (pengetahuan). Padahal, penerapan nilai-nilai islam dalam dunia Pendidikan juga sangatlah penting, agar peserta didik tidak hanya menjadi manusia yang cerdas tetapi juga berakhlak. Pendidikan islam sangatlah berpengeruh pada pembentukan karakteristik siswa, yang mana ajarannya tidak keluar dari aturan Al-Qur’an dan Assunnah. Dari sedikitnya penjelasan di atas, penelitian ini mendeskripsikan karakteristik siswa dan epistemologi Pendidikan islam dengan menggunakan metode library research. Yang nantinya penelitian ini akan memberikan penjelasan dan pengetahuan tentang pembentukan karakteristik siswa dengan adanya konsep epistemologi Pendidikan Islam.Referensi
Agung, F. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI; KAJIAN
EPISTEMOLOGIS. Jurnal Pendidikan Islam, 52–70.
Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model
Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian
Masyarakat, 2(3), 160–174. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129
Curren, R. (2017). Why character education? Impact, 2017(24), 1–44.
Djollong, A. F. (2015). Epistemologi Filsafat Pendidikan Islam. Istiqra` : Jurnal
Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(1), 8–17.
El-yunusi, M. Y. M., Sunan, U., Surabaya, G., Chumairoh, A., Sunan, U., Surabaya, G.,
Khoiroh, Z., Sunan, U., & Surabaya, G. (2023). MENANAMKAN NILAI
AKHLAK MELALUI PEMAHAMAN DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM.
Jurnal Progam Study PGMI, 10(1), 322–342