Studi Literatur: Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daya Literasi Indonesia

Fajar Nugraha

Sari


Penulisan artikel ini bertujuan memaparkan hasil penilitian terhadap perkembangan literasi di Indonesia dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi pemilihan topik, pemilihan dan seleksi literatur yang relevan dengan topik, pengumpulan data, pemilihan dan sintesis penulisan, serta perorganisasian tulisan. Untuk meningkatkan daya literasi di Indonesia dengan pembelajaran bahasa Indonesia perlu diperhatikan beberapa hal yaitu (1) Budaya Literasi di Indonesia (2) Kompetensi Guru sesuai standar yang ditentukan (3) Strategi Pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan begitu budaya literasi melalui pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan bisa mengoptimalkan peran pendidikan bahasa Indonesia sebagai sebuah wadah untuk membangkitkan semangat membaca dan menulis bagi siapapun untuk bisa memahami penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Darmuki, Agus dan Hariyadi, Ahmad. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara

Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Tingkat BIKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo : Jurnal Ilmia Bahasa dan Sastra, 2 (2): 256-267.

Fanani, M. Z., Surahmat, S., Prasetyo, H. A., Hastuti, M. D. P., Rohim, B. N. F., Abdullah, A. A., & Alfarizi, A. S. (2021). Peningkatan Minat Belajar dan Minat Baca Siswa melalui Media E-Learning dan E-Library untuk Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Sekolah dan Madrasah di Kab/Kota Blitar Tahun 2020. AS-SUNNIYYAH, 1(01), 94–119.

Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap

Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.

Kemendikbud, (2023, April 5 ). Cara meningkatkan Literasi pada siswa. Mi Browser. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/cara-meningkatkan-literasi-pada-siswa/

Kompasiana, (2023, Juli 16) perkembangan literasi di Indonesia : menyamai benih pengetahuan sejak zaman dahulu. Mi Browser. https://www.kompasiana.com/jaligazali/64b37b1e08a8b52af0294454/perkembangan-literasi-di-indonesia-menyemai-benih-pengetahuan-sejak-zaman-dahulu

Parera, J. D. (1996). Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Reitz, Joan M. (2012) Online dictionary for library and information science. http://www.abc-clio.com/ODLIS/ [Diakses 3 Januari 2013].

Researchgate (2017). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Mi Browser. https://www.researchgate.net/publication/329016001_PEMBELAJARAN_LITERASI_DALAM_MATA_PELAJARAN_BAHASA_INDONESIA

Sman1sidomulyo (2019). Peranan literasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sidomulyo. Blog. https://sman1sidomulyo.sch.id/blog/peranan-literasi-pada-pembelajaran-bahasa-indonesia-di-sma-negeri-1-sidomulyo/

Suparlan (2021), pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI, 5 (1), 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v2i1.3648

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: