MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

nailah Fatma

Sari


Tujuanya penelitian adalah untuk mengungkapkan adakah peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android dikelas 1B. Jenis penelitian yang digunakan adalah peenelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian one grup pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 33 siswa di kelas 1B SDN 7 Muara Dua. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test. Dari hasil uji t nilai signifikansi (2-tailed) pretest dan posttest adalah 0.000 < 0.05 dari hasil tersebut media pembelajaran interaktif berbasis android dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan siswa. Maka untuk meningkatkan kemapuan membaca siswa di sekolah dasar penting bagi guru memanfaatkan media ini. Media pembelajaran interaktif berbasis android adalah serial aplikasi pendidikan anak kecil yang membantu anak-anak khususnya peserta didik sekolah dasar untuk belajar membaca huruf huruf alfabet a sampai z dengan cara yang menyenangkan, mudah dipahami dan dulengkapi dengan game sehingga siswa tidak bosan dalam belajar

Kata Kunci


membaca permulaan, android, sekolah dasar

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Afifah, Nur, Otang Kurniaman, and Eddy Noviana. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1, no. 1 (2022): 33–42.

Amri, Saeful, and Eliya Rochmah. “Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 13, no. 1 (2021): 52–58.

Anggriani, Yula. “Pemanfaatan Gadget Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Di Keluarga” 10, no. 2 (2020): 138–147.

Astutik, Lina Dwi. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kobela (Kotak Belajar Ajaib) Pada Anak Kelompok B PAUD Smart Kids I Plemahan Tahun Pelajaran 2017/2018” 02, no. 12 (2018).

Dewi, Trisnin Maulina, Mirnawati, and Dinerti. “Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Dan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa Pada Kelas II Di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020.” Jurnal Pendidikan MINDA 1, no. 2 (2020): 19–29.

Fitriyah, Vivin Koriatul, and Wahyu Sukartiningsih. “Pengembangan Media Baca Seru Dan Asyik ( Barusik ) Berbasis Android Untuk Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jpgsd 10 (2022): 1365–1378.

Halidjah, Siti. “Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Strategi Kopasus Permainan Kubus Di Kelas I Sekolah Dasar.” Cakrawala pendidikan (2020): 14–27.

Musa, M M, and W Atqia. “Inovasi Pembelajaran Cepat Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif Android.” SEMAI: Seminar Nasional PGMI 1, no. 1 (2021): 16–38. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=lO1VEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA16&dq=kelebihan+game+edukasi&ots=bkv0aEgfTu&sig=AVwwwqU2RYDaXe3lLRJcKjz-KBM%0Ahttp://103.142.62.229/index.php/semai/article/download/395/137.

Muslimin, Muslimin, Muh. Tahir, and Idris Patekkai. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIS Sinoutu Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS).” Jurnal Kreatif Tadulako Online 2, no. 1 (2014): 155–167. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3002.

Novitasari, Khikmah. “Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 3, no. 01 (2019): 50.

Ratnawati, Dwi, and Vivianti. “Implementasi Media Belajar Membaca Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (2021): 130–141.

Setyadhani, Rillia Lestari, Hajar Pamadhi, and Rina Wulandari. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Di Kelas B TK ABA Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta.” Journal Skripsi (2015): 1–10. https://eprints.uny.ac.id/15785/2/3. BAB II.pdf.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuatitatifdan R&D. Bandung, 2017.

Taseman, Akhmad, Aulia Puspita, Della Puspita Sari. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2021): 138–147.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v3i1.3589

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: