IMPLEMENTASI PROGRAM EKOLITERASI MELALUI KEGIATAN SAMPAH PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS PROJECT (P5) UNTUK MEMBANGUN SIKAP GOTONG ROYONG PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpgsd.v3i1.3534Kata Kunci:
Pembelajaran Ekoliterasi, Sikap Gotong Royong, Peserta didik, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya peserta didik yang masih belum bisa peduli terhadap lingkungan sekitar, dan perlunya penerapan pembelajaran ekoliterasi yang dapat meningkatkan kepekaan peserta didik terhadap beberapa permasalahan lingkungan yang muncul di sekitar lingkungan sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran ekolitrasi peserta didik di kelas 1 SDIT Atikah Musaddad AL-Wasilah Garut sebelum dan setelah penerapan pembelajaran ekoliterasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana penelitian ini berusaha menggambarkan situasi atau kejadian. Sampel dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas 1 dengan teknik pengambilan data yang digunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran ekoliterasi dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila khususnya di kelas 1 sudah berjalan dengan baik, namun pembelajaran ekoliterasi di kelas 1 tidak menjadi pilihan wajib tetapi penerapan nya sudah di terapkan dalam proses pembelajaran karena ekoliterasi harus diterapkan sejak usia dini.
Kemudian untuk hambatan pembelajaran ekoliterasi ini adalah kurangnya sumber daya manusia untuk melakukan program ekoliterasi khususnya di kelas 1 di karenakan siswa kelas 1 masih sangat dini untuk diajarkan seperti itu, jadi belum semuanya terimplementasi karena memang siswa kelas 1 masih sangat kurang. Terkait dengan perubahan kurikulum SDIT Atikah Musaddad AL-Wasilah Garut sudah melaksanakan kurikulum merdeka selama kurang lebih 2 tahun.
Referensi
Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran Melalui Program Kantin Kejujuran Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,3(6), 3565–3577.
Andrian Muhammad Maulana, Mohammad Kanzunnudin, Siti Masfuah. Analisis Ekoliterasi Siswa Pada Sekolah Adiwiyata Di Sekolah Dasar. 2021. Vol 5 No. 4 Halaman 2601 – 2610.
Aditya Aldi, Ernasiwi Astri Oktavilia. Tingkat Ekoliterasi Tenaga Pendidik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman. 2020. Nusa, Vol. 15 No. 4 November 2020.
Kirom Husnil, Kiki Aryaningrum. Meningkatkan Kompetensi Ekoliterasi Sanitasi Melalui Perpaduan Problem Based Learning Dengan Demonstrasi. 2020. Volume 07, No. 2, November 2020, Pp. 109-119.
Nasibulina, Anastasia . 2015 Education for Sustainable Development and Environmental Ethics, Procedia Social and Behavioral Science, Science Direct. Vol 214: hal. 1077-1082.
Nadiroh, S. M. S. (2019). Analisis Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan dan Ekoliterasi Siswa. Jurnal Parameter Vol, 31(2), 96.
Nurfajriani Novita, Eka Putri Azrai, Diana Vivanti Sigit. 2018. “Hubungan Ecoliteracy Dengan Perilaku Pro-Lingkungan Peserta Didik Smp”. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta
Nurlaili Shofiyatun, Nana Supriatna, Sapriya. 2018. “Pengenalan Eco-Literacy Melalui Media Pembelajaran Dari Sampah Di Sekolah Dasar”. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Setiawati, Tati. 2016. Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik Dalam Bertransportasi Hemat BBM Melalui Pembelajaran IPS Kontekstual. International
Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitayif, Kualitatif, PTK R&D. Surakarta:Fairus Media.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriatna, M., Meristin, A., Febriyanto, B., Riyanti, H., Huda, M. M., William, N., Fatonah, N., & Sukmana, R. (2024). PENDIDIKAN DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Cahaya Smart Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=QxkLEQAAQBAJ
Tyas, D. N., Nurharini, A., Wulandari, D., & Isdaryanti, B. (2022). Analisis Kemampuan Ekoliterasi dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 213-226.