KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD

Penulis

  • Citra Putri Rosdiana Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpgsd.v3i1.3440

Kata Kunci:

keterampilan berbicara, metode role playing

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui pembelajaran dengan metode bermain peran pada siswa kelas IV sekolah Dasar tahun pelajaran 2022/2023. Sebelumnya siswa masih pasif dalam mengikuti proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dikarenakan dalam kegiatan belajar guru belum menggunakan model pembelajaran. Guru sering menggunakan metode ceramah dilanjut dengan mengerjakan soal yang ada pada buku tema sehingga siswa cepat bosan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 28 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk one pretest-posttest design. Design ini terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah adanya perlakuan.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah (Nasional No.22 dan No.23 Th.2006) . Jakarta: PT. Binatama Raya

Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Efrizal, D. 2012. Improving student’s speaking through communicative language. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 2 No.20. p.127-134. Retrieved from http://www.ijhssnet.com.

Ernani, & Syarifuddin, A. (2016). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 31–32.

Gnjatovic, D. 2015. Stories in different domains of child development. Child care facility University of Malta. Original scientific paper UDK: 37.022. http:// doi.org/10.17810/2015.07, 84-97.

Ihsana, 2017. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Johnston, J., & Halocha, J. 2010. Early Childhood And Primary Education Reading And Reflections. New York: McGraw-Hill.

Julian Indah Puspitaningrum, Mei Fita Asri Untari, I. L. (2019). Keefektifan Model Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 296–304.

Maria Ulfah, S., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17324

Ruampol, Y., & Wasupokin, S. 2014. Development of speaking using folk tales based performance activities for early childhood student. World Academy of Science, Engineering and Technology. International Journal of Humanities and Social Sciences. Vol: 8, No:7, 2014. Retrieved from http://www.scholar.waset.org/1307-6892/9998937

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 61–67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.582

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif KualitatifF Dan R&D. Alfabeta CV.

Saddhono, Kundharu - Slamet, ST. Y. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati

Diterbitkan

2024-03-02