Implementasi Manajemen Pembelajaran PAUD Pasca Pandemi Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Potensi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.3343Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya tumbuh kembang potensi anak usia dini karena pembatasan pembelajaran akibat adanya pandemi covid 19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori manajemen Terry (1968) dan Danim (2010) dalam Winoto (2020:31), dan teori pembelajaran Bowden & Greenberg (2010) dalam Mansur (2019:10). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang potensi anak usia dini mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Penggumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi manajemen pembelajaran PAUD pasca pandemi mengoptimalkan tumbuh kembang potensi anak usia dini dilaksanakan secara optimal mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan. Hambatan terbesar yang dihadapi yaitu pada metode pembelajaran, salah satu dampaknya guru lebih berinovasi dalam pembelajaran, solusi dan timbal balik yang dilakukan yaitu menerapkan tatap muka terbatas, dan trend kedepannya guru dapat mengembangkan pola pembelajaran project based learning pada kondisi pasca pandemik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang potensi anak usia dini.
Referensi
Agustina, N. 2019. Taxonomi Bloom dalam Perkembangan Peserta Didik Anak Usia Dini (AUD). Artikel : Academia.edu (diakses pkl 08.34 am, 05-06-2022).
Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jendral PAUD Dikdas dan Dikmen. 2021. Strategi Pendidikan Menuju Era Pasca Pandemi. Artikel : ditpsd.kemdikbud.go.id (diakses pkl 07.00 am, 15-06-2022).
Hewi, L., & Asnawati, L. 2021. Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5(1),158-167. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.530 (2021).
Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.
Kemendikbud. 2021. Serba-Serbi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Wilayah PPKM Level 3. Website : Kemendikbud.go.id.
Kemendikbud. 2021. PTM Terbatas Cara Terbaik Percepat Pemulihan PAUD Berkualitas. Website : Kemendikbud.go.id.
Mansur, A.R., 2019. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Padang : Andalas University Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014.
Permendikbud Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana.
Permendikbud Nomor 72 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Layanan Khusus.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
SKB Empat Menteri Tentang Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 Nomor 05/KB/2021 No. 1347 Thun 2021 No. HK.01.08/MENKES/6678/2021, No. 443-5847 Tahun 2021.
Tabi’in, A. Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19, Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Juni 2020, 194.
Winoto, S. 2020. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Bildung