Pengembangan Karakter Disiplin Siswa Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Marisa Ayu Silviani, Ani Siti Anisah, Irfan Hilman

Sari


Urgensi dari penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter disiplin bagaimana mengembangan siswa dalam berdisiplin pada saat pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanakan kegiatan P5 yaitu masih ada siswa yang datang terlambat, siswa masih belum faham memilah sampah organik dan anorganik, masih membuang sampah sembarangan, tidak tertib pada saat pembelajaran P5, tidak fokus dan asik mengobrol bersama teman sehingga membuat suasana pembelajaran jadi gaduh.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mengembangkan karakter disiplin siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila, hambatan yang dihadapi dalam mengembangkan karakter disiplin siswa serta solusi apa yang dilakukan untuk menangani hambatan dalam mengembangkan karakter disiplin siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila dikelas I SDIT Atikah Musaddad Garut.
Metode yang digunakan pada penelitia ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jumlah informan yang terlibat adalah sebanyak 3 orang, diambil dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mengembangkan karakter disiplin siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila yang dilaksanakan di SDIT Atikah Musaddad sudah berhasil menumbuh kembangkan karakter disiplin dikelas I melalui kegiatan pelaksanaan P5 yaitu memberikan pemahaman, melakukan aksi ajakan, memberikan arahan terus-menerus, mengadakan rencana tindak lanjut. Adapun hambatan yang dihadapi yaitu tidak cukup waktu, merubah kebiasaan baru, latar belakang siswa dan pengaruh teman sebaya, guru kurang konsisten. Solusi yang dilakukan ialah seperti mengingatkan memberi arahan, mengevaluasi dan rencana tidal lanjut, melakukan kerja sama orang tua serta membuat aturan bersama teman dikelas, dan yang terakhir saling mengingatkan sesama guru.
Kata Kunci : Pengembangan, Karakter Disiplin, Projek Penguatan Profil Pelajar


Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v2i1.3321

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: