Penerapan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Fajar Nugraha

Sari


Salah satu komponen penting didalam dunia pendidikan adalah membaca. Karena dengan membaca kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pendidikan yang dapat mendorong terjdinya perubahan yang disertai kemajuan dalam diri individu. Pelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca pada siswa SD perlu diajarkan secara matang Karena pada pelajaran membaca berkaitan dengan bidang studi lainnya. Khususnya membaca permulaan, karena membaca permulaan merupakan fondasi utama siswa dalam mengenal huruf, kata, serta penunjang untuk kemampuan membaca lanjutan. Rendahnya keterampilan membaca siswa di kelas awal harus diatasi agar kedepannya murid tidak mngelami kesulitan dalam pembelajaran, tujuan penelitin ini adalah untuk menerapkan dan  meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa  dengan membaca menggunakan media pembelajaran Big Book. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one test group. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDIT Al-Ittihaad Cikajang yang berjumlah 26 siswa. Hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa pretest adalah sebesar 65,3 rata-rata nilai siswa. Sedangkan pada posttest terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa menjadi 90,4 . berdasarkan hasil pengamatan peneili, kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDIT Al-Ittihaad mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran membaca Big Book. Yang artinya media pembelajaran Big Book ini cukup efektif digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. 


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969.

Chrusita, B. (2022). Pengembangan Media Big Book Dalam Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di Kelas I SD Negeri 1 Gondangkulon Nganjuk. IAIN Kediri.

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan membaca permulaan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. ARRIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Lindrawati, L. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN

MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS 1 SDN 04 BATIPUAH BARUAH. Inovasi

Pendidikan, 9(1).

Maisaroh, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Kata melalui Media Huparo pada Siswa Kelas I SD Negeri Sadang Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1561– 1567.

Nasir, N. (2014). Pengaruh metode sensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 37–41.

Nur, S., Haenilah, E. Y., & Sasmiati, S. (2018). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).

Permatasari, A. T. (2018). Pengembangan Media Bigbook Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca Pemahaman Di Kelas iii Sdn 2 Penambongan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Ajeng Tria Permatasari Nim. 1423305051. IAIN.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mapel IPS. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48.

Ramadhan, N., & Khairunnisa, K. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran big book subtema indahnya keberagaman budaya negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 49–60.

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28.

Syamsiah D, S. D., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Gunung Sari Ii Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 65–72.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v2i2.3121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: