Pembelajaran Ekoliterasi Untuk Meningkatkan Sikap Empati Peserta Didik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpgsd.v2i2.3085Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kepedulian peserta didik yang masih kurang terhadap lingkungan. Kurangnya kepekaan peserta didik tentang beberapa permasalahan lingkungan yang muncul di sekitarnya membutuhkan sebuah penerapan pembelajaran ekoliterasi dalam menumbuhkan sikap empati peserta didik terhadap lingkungan, pembelajaran yang mengarahkan peserta didik terhadap perilaku timbal balik yang baik dengan lingkungan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan penelitian yang dilakukan dengan melakukan manipulasi.Yang bertujuan untuk mengetahui akibat manipulasi terhadap perilaku individu yang diamati. Manipulasi yang dilakukan dapat berupa situasi atau tindakan tertentu yang diberikan kepada individu atau kelompok dan setelah itu dapat dilihat pengaruhnya. Eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui efek yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti. Pemberian perlakuan inilah yang menjadi suatu kekhasan penelitian eksperimen dibandingkan dengan penelitian yang lain. Alasan peneliti memilih metode eksperimen karena metode ini dirasa paling cocok untuk meneliti masalah dari penelitian ini. Hasil penelitian ini dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran ekoliterasi sangat efektif dalam menumbuhkan sikap empati peserta didik terhadap lingkungan. Selain itu pembelajaran ekoliterasi juga menumbuhkan pengetahuan peserta didik terhadap permasalah lingkungan yang di dapat dari hasil observasi yang menyatakan bahwa 67,78% peserta didik mengetahui permasalahan lingkungan dan solusi alternatif dari permasalahan lingkungan tersebut. Pembelajaran ekoliterasi juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan sikap empati peserta didik terhadap lingkungan hal ini dilihat hasil uji N-Gain yang menunjukan angka 0,7 yang artinya bernilai tinggi.
Kata kunci: Pembelajaran ekoliterasi, Sikap Empati, Peserta didik SD
Referensi
Aditya Aldi, Ernasiwi Astri Oktavilia. Tingkat Ekoliterasi Tenaga Pendidik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman. 2020. Nusa, Vol. 15 No. 4
November 2020.
Akmal Rudi , Ani Yanti Ginanjar, Euis Shintawati. 2020. “Efektivitas Piano Virtual Media Terhadap Pgsd Retensi Siswa Dalam Teori Piano Dasar”. Vol 4. No 2. Universitas Garut. Garut
Andrian Muhammad Maulana, Mohammad Kanzunnudin, Siti Masfuah. Analisi Ekoliterasi Siswa Pada Sekolah Adiwiyata Di Sekolah Dasar. 2021. Vol 5 No. 4 Halaman 2601 – 2610.
Anisah Ani Siti. 2022. “Pengembangan Pembelajaran Value Inquary Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar”. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Aulia Syifa Nurfazrina, Heri Yusuf Muslihin, Sumardi. 2020. Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Upi Tasikmalaya.
Irwan, Zoer’aini Djamal. 2014. Prinsip- Prinsip Ekologi (Ekosistem, Lingkungan dan Pelestariannya). Jakarta : PT. Bumi askara.
Taufik, M.Si. 2012. EmpatiPendekatan Psikologi Sosial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Egi Neri, Aulia. Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek Di Sekolah Dasar. 2017 Vol 1. No.1.
Eka Silvia Mariskha, Siti Khumaidatul Umaroh. 2019. Bermain Peran Untuk Meningkatkan Empati Pada Anak Usia Sekolah Dasar Sd “X” Di Samarinda (Experiential Method). Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.
Hasanah Enung. 2019. “Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg”. Vol 6. No 2.
Kirom Husnil, Kiki Aryaningrum. Meningkatkan Kompetensi Ekoliterasi Sanitasi Melalui Perpaduan Problem Based Learning Dengan Demonstrasi. 2020. Volume 07, No. 2, November
, Pp. 109-119.
Mulyawati Yuli, Arita Marini, Maratun Nafiah. 2022. “Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar”. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta
Munir Misbahul. 2017. “Tahapan Operasional onkret Jean Piaget