Analisis Faktor Penghambat Guru Dalam Pembelajaran SBdP Pada Kelas 5 SD

Aurellia Aurellia, Hana Shilfia Iraqi, Mai Sri Lena, Shinta Febriyasni

Sari


Faktor penghambat guru adalah segala aspek yang menjadi hambatan atau rintangan yang dihadapin oleh para pendidik dalam melangsungkan kegiatan pembelajaran yang menyebabkan tidak optimalnya proses belajar-mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini dalah faktor penghambat guru saat melaksanakan pelajaran SBdP pada kelas 5 SD. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan faktor-fakkor kendala guru atau pendidik pada pelajaran SBdP di kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitif dalam bentuk penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini ialah guru kelas 5 SD di Kabupaten Tanah Datar. Teknik pengambilan data diambil melalui survey. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru kelas 5 SD pada pembelajaran SBdP. Hasil Dari penelitian ini menyatakan bahwa masih banyak terdapat faktor penghambat yang dihadapi oleh guru kelas 5 SD pada Kabupaten Tanah Datar pada pembelajaran SBdP, faktor penghambat guru dalam pembelajaran SBDP yaitu pada faktor fasilitas dan media pendukung pembelajaran, faktor guru dan faktor siswa.


Kata Kunci


SBdP;Faktor penghambat;Kendala Guru.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Bungin, B.2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamaluddin, A. 2014. Filsafat Pendidikan.1(2).

Djamarah, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Harahap, S., Nurhayati, S.H., Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Purbowati, E., Reza, M. 2014 .Meningkatkan Kemampuan Motoriks Halus Melalaui Kegiatan Kolase Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Siaga Surabayas. Jurnal Universitas Muhamadiyah Surabaya. 3(3).

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/29805

Sagala S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stefanus. 2018. Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sudijono, A.1991. Pengantar statistic pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Sudijono, Anas. 1991. Pengantar statistic pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo

Sudjana, N. 2011. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo Offset.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatiff. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidiikan. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v2i2.2925

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: