Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi Pada Kelas V di SD Negeri 83 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpgsd.v2i2.2874Kata Kunci:
Kebiasaan Belajar, Prestasi BelajarAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa berprestasi. 2). Mendeskripsikan faktor-faktor yang membentuk kebiasaan belajar siswa berprestasi. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini subjek penelitiannya yaitu siswa berprestasi sebanyak 5 orang yang merupakan siswa dengan peringkat 1,2,3,4,dan 5 di kelas V di SD Negeri 83 Singkawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kebiasaan belajar dan teknik wawancara mendalam (In Depth Interview). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket kebiasaan belajar dan pedoman wawancara mendalam (In Depth Interview). Teknik analisis data yaitu reduksi data ( data reduction), data display ( penyajian data), san verifikasi ( conclusion drawing/verification). Hasil penelitian 1). Kebiasaan belajar siswa yang dominan adalah mengerjakan tugas dan konsentrasi. 2). Faktor yang mempengaruhi terbentuknya kebiasaan belajar yang dominan adalah faktor psikologis, faktor kelelahan, faktor keluarga dan faktor sekolah. Dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar memiliki kaitan erat dengan prestasi belajar siswa
Kata Kunci : Kebiasaan belajar, Prestasi belajar.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378-3384
Rif'atul, J. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Tugu Kabupaten Trenngalek .IAIN Tulungagung. Tidak Dipublikasikan.
Sadikin, M. (2019). Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Mandiri Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jambura History and Culture Journal, 1(2), 83-95.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik Teori dan Implementasinya. Malang: Literasi Nusantara.
Giusti, G., Sunaryo, A. I., & Suriatie, M. (2021). Analisis kebiasaan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palangka Raya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 1(1), 32-38.
Nurfadila, N., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2021). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 013 Muara Jalai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 194-197
Done, simporiana and Widodo, J. Priyanto and Fatihul, Amin. (2019). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Dalam Pembelajaran IPS. Respository STKIP PGRI Sidoarjo. ISSN ISSN Jurnal.