MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN Di SDN 262 PANYILEUKAN

Euis Shintawati

Sari


Inovasi adalah proses kebaharuan dalam segala bidang pembangunan suatu bangsa. Inovasi merupakan pengembangan pengetahuan untuk menciptakan atau memperbaiki proses atau sistem yang baru secara signifikan (Chehade et al., 2020, p. 2). Media Pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata/konkrit. Alat -alat bantu itu dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih konkrit, memotivasi serta meningkatkan daya serap dan daya  ingat siswa dalam balajar. Media pembelajaran berbasis teknologi ini memudahkan proses pembelajaran dari segi efektivitas dan efisiensi. Ada beberapa media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Media tersebut antara lain Media Audio, Media Visual, dan Media Audio Visual. Selain media tersebut terdapat juga platform yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Di SDN 262 Panyileukan sendiri media yang lazim digunakan yaitu berupa media audio Visual karena media ini lebih efektif untuk menarik perhatian siswa berupa penampilan gambar dan video dengan kualitas bagus serta audio suara yang dapat merangsang pendengaran siswa sehingga indra yang digunakan dalam pembelajaran berupa indra penglihatan dan pendengarannya berfungsi dan terangsang dengan baik. Sumber belajar yang diperoleh oleh guru yaitu dari platform merdeka mengejar. Karena disana telah tersedia berbagai bahan dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk kebutuhan proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Metode penelitian yang diguanakn yaitu berupa metode kualitatif-deskriptif dengan wawancara, obserfasi, and dokumentasi, serta menggunakan jenis penilitian tindakan kelas daalm memperoleh data-data yang dubutuhkan.


Kata Kunci


Pendidikan, media, inovasi, pembelajaran, Sekolah Dasar.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Arsyad Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Cet-17. Jakarta: PT Grafindo. Sutirna. 2018. Inovasi dan teknologi pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utma Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Eki Firmansyah. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI

PENDIDIKAN. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Fifit Firmadani. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Dellaneira Btari Anantiwi.(2021). PENERAPAN TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN. Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat

Ahmad Safitr. Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Efrika Marsya Ulfa, dkk. Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Universitas Jember

Apa Itu Platform Merdeka Mengajar? Kementrian Pendidikan dan Teknologi Republik Indonesia. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en- us/articles/6090880411673-Apa-Itu-Platform-Merdeka-Mengajar-




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v2i1.2530

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: