IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI BACA TULIS DI SDN 2 PURBAYANI

Siti Nurfauziah, Nurul Fatonah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi program kampus mengajar dalam budaya literasi baca tulis di SD Purbayani 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dan wali kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program kampus mengajar dalam budaya literasi di SD Purbayani 2 yaitu membaca lima menit sebelum pembelajaran dimulai, pohon literasi dan reading clinic untuk membantu siswa dalam melatih kemampuan literasi.

 

 


Kata Kunci


Kampus Mengajar, Budaya Literasi Baca Tulis

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Dalfit, F., & Ralmaldaln, Z. H. (2020). Pelalksalnalaln Progralm Geralkaln Literalsi Sekolalh (GLS) di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Balsicedu, 4(4), 1429-1437.

Direktoralt Jenderall Pendidikaln Tinggi. (2022). Buku Palndualn Kalmpus Mengaljalr Alngkaltaln 4 Talhun 2022. Jalkalrtal: Kementrialn Pendidikaln daln Kebudalyalaln.

Hidalyalti, H., Khotimalh, T., & Hilyalnal, F. S. (2021). Pembentukaln Kalralkter Religius, Gemalr Membalcal, daln Talnggung Jalwalb paldal Alnalk Sekolalh Dalsalr. Jurnall Pendidikaln Glalsser, 5(2), 76b 82.

Irmal, C. N. (2019). Implementalsi Literalsi Balcal Tulis Melallui Maljallalh Dinding Sebalgali Alktuallisalsi Pendidikaln Kalralkter Di Sekolalh Dalsalr. Konferensi Nalsionall Balhalsal daln Salstral V, 5(1),88-94.

Ismalil, M. I. (2010). Kinerjal daln Kompetensi Guru Dallalm Pembelaljalraln. Lenteral Pendidikaln: Jurnall Ilmu Talrbiyalh daln Kegurualn, 13(1), 44-63.

Lestalri, S., Faltonalh, K., & Hallim, Al. (2021). Mewujudkaln Merdekal Belaljalr: Studi Kalsus Progralm Kalmpus Mengaljalr di Sekolalh Dalsalr Swalstal di Jalkalrtal. Jurnall Balsicedu, 5(6), 6426-6438.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v2i1.2524

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: