TANTANGAN INOVASI PENDIDIKAN UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PASCA PANDEMI

Suci Zakiah Dewi

Sari


Untuk melindungi generasi bangsa dari penularan Covid-19, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan penyelenggaraan pembelajaran dilakukan secara Daring atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran Daring atau pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan saat ini belum sepenuhnya efektif dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Hasil proses analisis menyimpulkan bahwa 16,07% pembelajaran secara online berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar dan hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa menurun. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.  Dengan tujuan untuk memberikan gambaran, fakta-fakta serta meneliti kondisi suatu ojbek alamiah. Dan juga untuk menjelaskan fenomena dengan cara pengumpulan data yang menunjukan detail suatu data yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah wawancara dan observasi. Inovasi adalah sebuah penemuan, baik berupa ide, kejadian, barang sebagai sesuatu hal yang baru. Tantangan Inovasi Pendidikan Pasca Pandemi yaitu, Kebijakan berbasis daring di masa pandemi ini tidak ditunjang dengan kebijakan sekolah yang bisa memfasilitasi pembelajaran daring, Kurangnya Sikap Progresif dan Adaptif guru bisa dikatakan bahwa guru tetap menggunakan cara atau metode lama. 


Kata Kunci


pembelajaran daring, dampak covid-19, inovasi Pendidikan, guru dan peserta didik.

Referensi


Amalia , A. (2021, Agustus 07). Tantangan Pembeljaran di Masa Pandemi. Gumeulis, p. 1.

Hidayat, N. A., & Nurul , N. (2022). Tantangan Inovasi Pendidikan di Masa Pasca Pandemi. Jurnal Basicedu, 6, 1-8.

Indrawati, B. (2020). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 39-48.

Inovasi Pendidikan. (n.d.). publikasi ilmiah.

Sugianto , O. (2020). Penelitian Kualitatif,Manfaat dan Alasan Penggunaan. Binus Uiversity, 1.

Wildaniah, R. (2022, Desember 3). Laporan Akhir Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 4. 2022, pp. 15-25.

Faturohman, N. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Pendidikan FKIP, 3(1), 615-627.

Faturohman, Nandang, & Gunawan, A. (2021). Tantangan Lembaga Pendidikan Dasar dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pasca Pandemi COVID-19 di Kabupaten Serang. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 433–442.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v2i1.2523

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: