IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SDN 1 CINISTI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGAKATAN 4

Penulis

  • Ella Sulastri Universitas Garut
  • Irfan Hilman
  • Fajar Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpgsd.v2i1.2500

Kata Kunci:

Karakter, Peduli Lingkungan, Kampus mengajar

Abstrak

Pendidikan karakter peduli lingkungan saat ini sangatlah memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari hari peserta didik, melalui pendidikan karakter peduli lingkungan diharapkan peserta didik dapat mencegah  atau mengurangi terjadinya kerusakan lingkungan dimasyarakat, melalui program kampus mengajar ini  diharapkan peserta didik mampu meningkatkan karakter peduli lingkungan dan mampu  mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Cinisti, Desa  Kaliki, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut dengan objek penelitian siswa kelas III di SDN 1 Cinisti.  Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas III  melalui program kampus mengajar, metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif Adapun  teknik pengumpulan data yang peniliti gunakan yaitu teknik Observasi, wawancara dan Dokumentasi.

Berdasarkan hasil yang diperoleh selama 4 bulan melalui program kampus mengajar peserta didik sangat  antusias dalam mengikuti kegiatan dan juga dapat diperoleh bahwa untuk menanamkan karakter peduli lingkungan dibutuhkan kerjasama antara pihak sekolah baik kepala sekolah, guru dan pihak lainnya dalam  proses penanaman karakter peduli lingkungan pada peserta didik, perlu adanya kebiasaan yang harus  dilakukan agar tanpa sadar peserta didik telah memiliki karakter peduli lingkungan, melalui pembelajaran  secara langsung kelapangan seperti mengajak peserta didik langsung ke lingkungan alam membuat peserta  didik sangat antusias dalam proses pembelajaran, mereka secara langsung menyaksikan dan  memperaktekan bagaimana menjaga dan merawat lingkungan, melalui kegiatan menjaga kebersihan kelas,  menanam pohon dan mengajak berkebun diharapan peserta didik dapat mengimplementasikan dalam  kehidupan sehari-hari. 

Referensi

Hilman, M. (2022). MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PENANAMAN POHON SEBAGAI PENGHIJAUAN LINGKUNGAN DI DESA BOLANG KECAMATAN LEBAKWANGI. Jurnal.untirta.ac.id, 53-56.

Ismail, M. (2021). pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Unisa palu.e-journal.id, 64-66.

Muharam, A. (2022). implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa kelas v di SDN Sindangkasih 01. Journal.universitaspahlawan.ac.id, 10418.

naili fitrisari, s. (2020). Peran guru kelas 1 dalam mengembangkan pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di MII sijono kecamatan warungasem kabupaten batang. etheses.iainpekalongan.ac.id, 3-5.

nurjannah, D. (2022). pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan berkebun di halaman sekolah. jrnal pendidikan dan anak usia dini, 2-4.

Sabardila, A. (2019). pembentukan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan penghijauan pada siswa MIM Derasan Sempu, boyolali. Journals.ums.ac.id, 37. salma. (2021, juli 1). metode pnelitian kualitatif:pengertian menurut para ahli,jenis-jneis, dan karakteristik. Retrieved from penerbitdeeppublish: https://penerbitdeepublish.com

Diterbitkan

2024-06-04