PENERAPAN MEDIA DRINKING STRAWS KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.1592Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media drinking straws kantong bilangan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi penjumlahan secara bersusun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN Cijagra 05. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Designs jenis one group Pretest Postest Design. Yaitu dengan mengadakan pretest-postest sehingga hasil pembelajaran dapat diketahui oleh peneliti dengan melihat hasil sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Variable dalam penelitian ini adalah penerapan Media drinking straws kantong bilangan (X) dan pemahaman konsep matematika (Y). yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN Cijagra 05. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa SDN Cijagra 05. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara yang dilakukan kepada wali kelas I kemudian dilakukannya judgment media untuk melihat kelayakan suatu media yang akan diberikan kemudian tes dengan memberikan soal pretest postest hasil analisis menunjukan peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikannya perlakuan media dringking straws kantong bilangan nilai rata-rata siswa kelas I meningkat dengan nilai rata-rata 85. Rata-rata kemampuan siswa pretest 41 dan postest 85 hasil postest menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata rata gain ternormalisasi sebesar 0.77 (kategori tinggi) dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembalajaran dengan menggunakan media dringking straws kantong bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Â
Kata kunci : media drinking straws kantong bilangan, pemahaman konsep, karakteristik siswa SD