HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Lina Novita
  • Siti Maulida Akhsan

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.1589

Abstrak

Penelitian ini menggunakan  pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional pada disiplin belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah kelas IV A, IV B, dan IV C Sekolah Dasar Negeri 04 Cihideung Ilir Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor yang terdiri dari 84 sampel responden. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = -32,59 + 0,74X artinya setiap peningkatan satu disiplin belajar maka akan meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 0,74 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa rxy = 0,486 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel sedang, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,24 yang berarti disiplin belajar berkontribusi 24% terhadap hasil belajar Matematika maka berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika.

 

 Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, dan Matematika

Diterbitkan

2022-02-09