Analisis Kemampuan Membaca pemahaman siswa

Ai Suci Intan Pratiwi

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN 2 Cintamanik. Oleh karena itu, perlunya streategi untuk meningkatkan kembali kesulitan siswa dalam kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 2 Cintamanik , kesulitan siswa dalam kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas Iv SDN 2 Cintamanik dan strategi untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN 2 Cintamanik.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitati melalui pendekatan deskriptif yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk mendaptkan hasil data penelitian melalui instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informan padapenelitian ini kepala sekolah SDN 2 Cintamanik.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kela IV SDN 2 Cintamanik bisa dikategorikan rendah karena, fakta yang ditemukan oleh peneliti selama di lapangan bahwa terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca pemahaman. Kesulitan yang dialami diantaranya kesulitan siswa menentukan ide pokok, menangkap isi bacaan, dan menceritakan kembali isi bacaan. Maka diperlukan kerjasama antara guru dan sswa untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa supaya bisa memahami materi pembelajaran seacar bertahap serta diharapkan mampu meningkatkan kesulitan membaca pemahaman. Kata Kunci : Kemampuan membaca, Pemahaman, Siswa SD

Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)

Referensi


Afrianti,Marlina, M. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui strategi Probing-Promting bagi anak kesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 22-29.

Ambarita, wulan, Wahyudin, R. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2336-2344.

Ardianti, Amalia, Y. (2022). Kurikulum Merdeka Pemaknaan merdeka Perencanaan Pembelajran di Sekolah Dasar. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 399-407.

Deni, H., & Hadiansah, D. (2021). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: Yrma Widya.

Febriyanto, B. (2016). Penerapan Model Cooperative Integented Reading and Composition dalam pembelaaran Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal Cakrawala Pendas, 42 - 57.

Garnika, Rohiyatun, E. (2021). Impelementasi Analisis SWOT dalam Perencanaan mutu Pendidikan di Sekolahh Dasar. journal Administrasi dan Manajemen pendidikan, 162 - 169.

Kanusta, M. (2021). Gerakan Literasi dan Minat Baca. Indonesia: CV. Azka Pustaka.

Khiliq, Lutfiyani, A. (2018). Tingkat Membaca pemahaman Siswa SDN 1 Bluluk Lamongan. Journal Pendidikan dan Pembelajaran, 1 - 11.

Khotimah, Wigando, A. K. (2026). keampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Baret pada Siswa kelas IV SD. journal Pendidikan Dasar, 1-10.

Lubis, Tanjung, N. A. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Mata pelajaran Bahasa Indoenasi di SD/MI. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 57 -62.

Meliyawati. (2016). Pemahaman dasar Membaca. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mohamad, T. (2019). Hasil PISA Indoensia tahun 2018 turun dibanding 2015. OSF Preprints.

Moleong. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhtar, Somadayo, Wulandari, S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Sisw Kelas V SD Negeri 1 Gubukusuma. journal Pedagogik, 5-15.

Muliawanti, Amalia, Nurasiah, Hayati, S. F. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siwa kelas III Sekola Dasar. Journal Ckrawala Pendas, 800 - 810.

Salsabila, Lestari, Budiarti, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. prosiding Konerensi Ilmiah Dasar, 339-34.

Sari, Wiarsih,Bramasta, E. I. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan ketreampilan Membaca pemahaman peserata didik di kelas IV Sekolah Dasar. Journal education FPIP UNMA, 74-82.

Sartika, Gunawan, Mulyana, R. (2021). Analisis Kemampuan membca pemahaman Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. Pendidikan Sekolah Dasar, 49-56.

Sugiyono. (2017). Metode Penenlitian Kuantitati, Kualitatif, dan R D. Bandung: Alfabeta.

Tusfiana, Tyanasari, I. A. (2020). Kesulitan Membaca Pemahaman Siswa SD. Jurnal Prosiding Konfersi Ilmiah Dasar, 78-85.

Windiasari, Wiarsih, Febrianta, D. A. (2021). Kesulitan Membaca Pemahaman Peserta Didik di kelas IVA SD Negeri Karangnanas. jurnal IKA, 239 - 247.

Yanti, Anggraeni, Prihamdani, C. D. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah dasar. jurnal Pendidikan Dasar, 308 - 315.

Zuhdan, Herawati, D. Z. (2028). Pengaruh Metode Scramble dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. jurnal Pendidikan Dasar, 62-71.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan Universitas Garut
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : -

Pengunjung:

View My Stats