Pemanfaatan Media Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik

Penulis

  • Septia Nugraha Universitas Garut

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan, pengaruh serta mengetahui peningkatan keterampilan menyimak peserta didik kelas 3 SDN 2 Neglasari melalui pemanfaatan media video animasi berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Eksperimen One Group serta teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Hasil dari penelitian ini dinyatakan bahwa pemanfaatan media video animasi berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan uji T yang memperoleh hasil T Hitung > T Tabel yaitu 19,91 > 2,06 yang artinya terjadi peningkatan. Hasil perhitungan uji N-gain dengan perolehan nilai 0,76 yang artinya bernilai tinggi serta perolehan tingkat keefektifan sebesar 76% yang artinya cukup efektif hal ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu peningkatan keterampilan menyimak peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia dilihat dari hasil perhitungan angket dengan rata-rata 77,8% yang artinya peserta didik memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran menggunakan media video animasi berbasis kearifan lokal. Kata kunci: Media video animasi, kearifan lokal, keterampilan menyimak, peserta didik.

Referensi

Daftar Pustaka

Afridzal, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231-247.

Amri, U., Ganefri, G., & Hadiyanto, H. (2021). Perencana Pengembang Dan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2025-2031.

Astafrina, S., Hadiyanto, H., Alwi, N. A., & Fitria, Y. (2022). Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8754-8765.

Handayani, R., Fitriani, F., & Ahzan, Z. N. (2023). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi Di Smp Negeri Maubeli. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3877-3882.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran.

Husniyah, A. M. (2022). Media Aplikasi DORA (Dongeng Nusantara) pada Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 316-325.

Randa, N. L., & Anshor, A. S. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Dan Membaca Pada Kelas V SD Negeri 101933 Perbaungan. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 87-97.

Sari, M. A., Hambali, D., & Resnani, R. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 186-193.

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49-63.

Sugiyono.2019. “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sundayana, Rostina (2020). Satistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2024-09-06