Analisis Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Minimal Dalam Mata Pelajaran : Studi Empiris di Sekolah Dasar

Sopa Siti Marwah, Ucu Hamidah, Shakila Nizaliana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian SKL minimal dalam mata Pelajaran di Sekolah Dasar. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan,sikap dan keterampilan. SKL digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dan sebagai rujukan dalam penyusunan standar-standar Pendidikan lain. Pencapaian SKL minimal dalam mata Pelajaran sangat penting untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif dengan metode wawancara. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi 3 guru dari SD yang berbeda di Garut dan sampel nya adalah Guru SDN Haurpanggung 2, Guru SDN 1 Pananjung dan Guru SDN 2 Sukasenang. Sedangkan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian SKL minimal dalam mata Pelajaran di Sekolah Dasar, masih kurang optimal. Guru dan siswa menghadapi beberapa masalah dalam mencapai SKL, seperti kurangnya bahan ajar yang sesuai dan kurangnya waktu untuk mengajar. Dalam analisis, ditemukan bahwa guru memiliki peran penting dalam meningkatkan pencapaian SKL minimal. Guru harus lebih aktif dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai dan meningkatkan strategi serta waktu dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci : Analisis, Standar Kompetensi Lulusan.


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Damanik, J. (2015). Upaya Dan Strategi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.

Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(3), 151. https://doi.org/10.33541/jdp.v8i3.126

Dr. Vladimir, V. F. (2022). SKL Permendikbud 5 tahun 2022. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Elvina, Q. A. S., Rokhman, F., & Deliana, S. M. (2017). Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 6(3), 257–266.

Handayani, M. (2016). Pencapaian Standar Nasional Pendidikan Berdasarkan Hasil Akreditasi SMA di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 179. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.410

Hoffman, D. W. (n.d.). standar kompetensi lulusan.

Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1.

Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.

Ii, B. A. B. (1988). S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, Bandung, Jemmars, 1988, h.7 20. 20–90.

Islam, U., Sultan, N., Muhammad, A., & Samarinda, I. (2022). Standar Kompetensi Kelulusan Kiki Maharani. Borneo Journal of Islamic Education, 2(1), 57–72.

Jenderal, D., Anak, P., Dini, Usia Informal, N. D., Pendidikan, K., & Kebudayaan,

D. (2014). Kursus Dan Pelatihan Dan Pelatihan Master of Ceremony ( Mc ) Level Iv. Mc.

Lucyani, D. fryda. (2009). Perangkat Pembelajaran Tematik SD. Journal Information, 10(3), 1–16.

Nurdin, S., & Hanurani, H. (2023). Analisis Tugas Standar Kompetensi Lulusan Pelatihan Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada Balai Diklat Keagamaan Bandung. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 11(1), 11–18. https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1.308

Nurmaryam, N., & Musyarapah, M. (2022). Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Implementasinya Di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas (Mata Pelajaran Al-

Qur’an Hadis). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 2094. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1390

Paper, C., Asari, A. R., Malang, U. N., Timur, J., View, C. T., & View, A. (2016). Keterampilan Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013 Edisi ... September.

Pendidikan, K., Sd, D. (, Smp, D., Kota, D., Provinsi, K., Tenggara, N., Koestoro, T.---B., & Koestoro, B. (2007). Karakteristik Pendidikan Dasar (Sd Dan Smp) Di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. 42–64.

Pérez Dávila, J. (2020). Standar kompetensi lulusan indonesia,. 21(1), 1–9. Potensia, J. I. (2019). Accepted: July 28. 4(2), 121–130.

Rahman Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, A. (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 122–132.

Suradi, A., Andrea, C., Anita, P. S., Putri, I. A., Fitriani, D., & Sari, I. W. (2022). Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Inti pada Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 122–134. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1118

SURYATI, A., ROCHMAN, C., & NURMILA, N. (2019). Analisis Standar

Kompetensi Kelulusan Di Sdn 231 Sukaasih Bandung. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 104. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.214

Susanti, S., Manurung, D. N., Je, L., & Ginting, C. (2024). Kualifikasi Penentuan Kelulusan dan Analisis Penilaian Pendidikan Melalui Kemampuan Peserta Didik. 2(3).

ZAHRO, N. (2019). Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan Di Min 1 Purbalingga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan Universitas Garut
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : -

Pengunjung:

View My Stats