Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia
Abstrak
Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas terkait isu yang beredar di dunia pendidikan tentang pemerintah yang merencanakan perubahan kurikulum pada tahun 2022 menggantikan kurikulum 2013, sedangkan pada situasi sekarang pendidikan bahkan sector yang lain pun masih belum stabil sejak terjadinya pandemi covid-19. Metode analisis dalam penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan yaitu data-data yang dituangkan ke dalam tulisan sebagian besar dari analisis dokumen. Peneliti menghimpun, menganalisis dan mengadakan sintesis data untuk kemudian memberikan interpretasi terhadap konsep, kebijakan, peristiwa baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat diamati sesuai dengan tujuan penulisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan di Indonesia harus berjalan dengan semestinya yaitu dengan kurikulum baru supaya pendidikan kembali berjalan seperti semula dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kurikulum baru diberlakukan agar lulusan di Indonesia mempunyai jiwa yang adaptif dan transformatif terhadap perkembangan zaman. Kesimpulannya dari artikel ini bahwa perencanaan kurikulum baru diharapkan mampu mengembalikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dengan tetap mengembangkan potensi peserta didik yang berwawasan luas dan dapat membangun jiwa yang siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.Referensi
Firmansyah, R. (2021, Desember 15). Guru Wajib Paham Paradigma Baru Dari kurikulum 2022.
Kemendikbud, P. W. (2021, Desember 23). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Dukung
Pemulihan Pembelajaran.
Kurniasih, L. D. (2021, Desember 22). KUrikulum SMA 2022 TIdak ada Lagi Jurusan IPA, IPS
dan Bahasa.
Nurdiansyah, Nurdiansyah dan Fahyuni, Eni Fariyatul (2016). Inovasi Model Pembelajaran
Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Paramansyah, dkk. (2022). Standarisasi dan Profesionalisasi Pendidikan Implementasi Kurikulum
Revisi Dalam Era Industri 4.0: Studi Kasus MIN Kota Bogor. Jurnal Dirasah
Islamiyah, 4(2). Journal.laaroiba.ac.id
Sadewa Aristo Mohammad, (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan IntegrasiInterkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1).
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3560
Slahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan.
Susilo. (2021, Desember 05). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Kurikulum 2022-2024. Utami,
D. (2022, Januari 3). Melihat Model Kurikulum Baru 2022.
Widiani, D. (2018). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Murabbi: Jurnal Pendidikan
Islam, 1(2), 185-196. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.321
Hidayat, R., Siswanto, A., & Bangun, B. N. (2017). Dinamika Perkembangan Kurikulum di
Indonesia; Rentjana Pembelajaran 1947 hingga Kurikulum 2013. Penerbit Labsos.
Hidayat, R., & Wijaya, H. C. (2017). Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam
(Cetakan Pertama). LPPPI.