Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia

Denda Suryadien, Rusmiati Dini, Agnia Aulia Dewi

Abstrak


Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas terkait isu yang beredar di dunia pendidikan tentang pemerintah yang merencanakan perubahan kurikulum pada tahun 2022 menggantikan kurikulum 2013, sedangkan pada situasi sekarang pendidikan bahkan sector yang lain pun masih belum stabil sejak terjadinya pandemi covid-19. Metode analisis dalam penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan yaitu data-data yang dituangkan ke dalam tulisan sebagian besar dari analisis dokumen. Peneliti menghimpun, menganalisis dan mengadakan sintesis data untuk kemudian memberikan interpretasi terhadap konsep, kebijakan, peristiwa baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat diamati sesuai dengan tujuan penulisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan di Indonesia harus berjalan dengan semestinya yaitu dengan kurikulum baru supaya pendidikan kembali berjalan seperti semula dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kurikulum baru diberlakukan agar lulusan di Indonesia mempunyai jiwa yang adaptif dan transformatif terhadap perkembangan zaman. Kesimpulannya dari artikel ini bahwa perencanaan kurikulum baru diharapkan mampu mengembalikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dengan tetap mengembangkan potensi peserta didik yang berwawasan luas dan dapat membangun jiwa yang siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Firmansyah, R. (2021, Desember 15). Guru Wajib Paham Paradigma Baru Dari kurikulum 2022.

Kemendikbud, P. W. (2021, Desember 23). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Dukung

Pemulihan Pembelajaran.

Kurniasih, L. D. (2021, Desember 22). KUrikulum SMA 2022 TIdak ada Lagi Jurusan IPA, IPS

dan Bahasa.

Nurdiansyah, Nurdiansyah dan Fahyuni, Eni Fariyatul (2016). Inovasi Model Pembelajaran

Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Paramansyah, dkk. (2022). Standarisasi dan Profesionalisasi Pendidikan Implementasi Kurikulum

Revisi Dalam Era Industri 4.0: Studi Kasus MIN Kota Bogor. Jurnal Dirasah

Islamiyah, 4(2). Journal.laaroiba.ac.id

Sadewa Aristo Mohammad, (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan IntegrasiInterkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1).

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3560

Slahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan.

Susilo. (2021, Desember 05). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Kurikulum 2022-2024. Utami,

D. (2022, Januari 3). Melihat Model Kurikulum Baru 2022.

Widiani, D. (2018). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Murabbi: Jurnal Pendidikan

Islam, 1(2), 185-196. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.321

Hidayat, R., Siswanto, A., & Bangun, B. N. (2017). Dinamika Perkembangan Kurikulum di

Indonesia; Rentjana Pembelajaran 1947 hingga Kurikulum 2013. Penerbit Labsos.

Hidayat, R., & Wijaya, H. C. (2017). Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam

(Cetakan Pertama). LPPPI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan Universitas Garut
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : -

Pengunjung:

View My Stats