Pengaruh Teknik Konseling Terhadap Perilaku Anak Hiperaktif dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelompok Bermain Mutiara Insani pada Masa Pandemi covid-19

Penulis

  • Elis rohimah UNIVERSITAS GARUT
  • Iis Komariah Universitas Garut

Abstrak

Konseling sekolah merupakan bagian yang integral dalam pendidikan agar seluruh kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi dan berkembang secara maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik Kelompok Bermain Mutiara Insani. Hasil penelitian: setelah 6 kali konseling dalam 3 tahapan konseling berjalan, anak yang awalnya mempunyai perilaku hiperaktif (ADHD, Conduct Disorder, dan Oppositional Defiant Disorder) mengalami perubahan perilaku kearah yang baik. Dilihat dari adanya rata-rata nilai perbandingan antara pre konseling dengan nilai rata-rata sebesar 61,13% dan nilai rata-rata post konseling sebesar 65,59% dengan rentang yaitu sebesar 3,40%. Diperkuat pula dengan hasil observasi awal dan hasil observasi akhir dengan rentang perbaikan sebesar 27,11%. Sedangkan berdasarkan nilai thitung disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan pengaruh Penerapan Teknik Konseling Memperbaiki Perilaku Anak hiperaktif di Kelas Kober Mutiara Insani Kabupaten Garut diterima karena ð‘‡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” > ð‘‡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™, yaitu 5,17191> 1,99167. Maka hal ini membuktikan bahwa Penerapan Teknik Konseling berhasil untuk memperbaiki perilaku anak hiperaktif dalam kegiatan belajar mengajar pada peserta didik Kelompok Bermain Mutiara Insani Cilawu Garut.

Referensi

Ahmadi, A., dan Supriyono, W. (2004) Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter.

Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Anwar, R. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Arifin. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, H.M., 2003. Teori-Teori Konseling Agama dan Umum. Jakarta: Golden

Terayon Press.

Arikunto, Suharsimi (2010) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Ary Ginanjar, Agustian (2005) Rahasia Kesuksesan membangun Kecerdasan Emosi

dan Spiritual (ESQ) The ESQ Way. Jakarta: Arga.

Aulia, N. (2005). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus

Media.

Azmi, M. (2006). Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakarta: Belukar.

Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium

Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bakar Abu, M., dan Luddin, (2010) Dasar-dasar konseling tinjauan teori dan praktik.

Bandung: Citapustaka Media Perintis

Basri, H., & Saebani, B. A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Corey, G. (2005) Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Replika

Aditama

Darwis, Abu. (2006) Perilaku Menyimpang Murid SD. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat

Ketenagaan.

Fathoni, A. (2005). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, Elizabeth B. 2004. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Hasan, I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.

Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jenny Gichara. (2006) Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.

Jumi Adi, Kukuh. 2013. Esensi Konseling : Pendekatan trait and factor dan client

centered. Yogyakarta: Garudhawaca

Joesoef, S. (1999). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Rohimah, Komariah Jurnal PGMI Universitas Garut

Vol. 1; No. 01; 2022; 20-26

www.journal.uniga.ac.id

Kathryn Geldard dan David Geldard. (2008) Konseling Anak-anak. Jakarta:

PT Indeks.

Komalasari Gantika, Eka Wahyuni dan Karsih. (2011) Teori dan Teknik

Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Lina Jusuf (Penerjemah). (2003) Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada

Anak Prasekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Muhyidin, M. (2004). Mengajar Anak Berakhlak Al-Qur'an. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Mujib, A., & Muzakkir, J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada

Media.

Muslih, I. (2012). Mendidik Dengan Islam. Jawa Tengah: Inas Media.

Nata , A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Nazir, M. (2014) Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka

Cipta.

Riduwan. (2006) Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saamani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadali, A., Faisal, Y. A., Abdulhaq, I., Mustofa, & Muchsin. (1987). Islam untuk

Disiplin Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang.

Saebani, A., & Hendra, A. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Salim, M. H., & Kurniawan, S. (2012). Studi Pendidikan Islam. Jogjakarta: ArRuzz

Media.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Bandung: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (22 ed.). Bandung, Jawa Barat,

Indonesia: Alfabeta.

S. Willis, Sofyan. (2013) Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung:

Alfabeta.

Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Posda Karya.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam

Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2022-03-04