Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Penulis

  • elis rohimah UNIVERSITAS GARUT

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa melalui model pembelajaran scramble. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai pada LKS Scramble Kata, siswa banyak mendapatkan nilai rata-rata 97,91. Pada Scramble Kalimat siswa banyak mendapatkan nilai rata-rata 89,16. Pada Scramble Paragraf siswa banyak mendapatkan nilai rata-rata 81. Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Scramble dengan rata-rata hasil pretest sebesar 32,38 dan posttest sebesar 76,19 dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Scramble dengan rata-rata hasil pretest sebesar 41,90 dan posttest sebesar 86,67. Hasil angket menunjukkan hasil rata-rata sebesar 69,03 % dengan kategori Baik. Begitupun hasil analisis statistik yang dilakukan, diperoleh data pretest diperoleh –ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,4233 ≤ 2,632 ≤ 2,4233) maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan awal yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut berarti bahwa pengetahuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah berbeda. Sedangkan dari data posttest diperoleh –ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,4233 ≤ 3,95  ≤ 2,4233) maka Ha diterima, artinya hal tersebut berarti bahwa pengetahuan akhir siswa sesudah diberi perlakuan adalah berbeda.

Referensi

Dan Budaya, 1. No (2)(20), 1–16. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/issue/view/181

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Oktaviastuti Awalia Fajrin PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pese. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91.

Farida, U., Agustini, F., & Wakhyudin, H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ips Siswa Kelas Iii Sd Negeri Kebondalem 01 Batang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11840

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maftuh, B. (2010). Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik. 1–32. http://file.upi.edu/Direktori/PIDATO/3._PIDATO_PENGUKUHAN_BUNYAMIN.pdf

N. Qomariah, G. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pengkajian Ilmu Pembelajaran Matematika dan IPA. IKIP Mataram Vol 4 (1), 42.

Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(2), 76-88. Retrieved from http://jurnal.ut.ac.id/JPTJJ/article/view/408/421

Putra, P., & Syafrudin, S. (2020). Scramble Learning Model to Improve the Ability Reading the Quran in Elementary School/Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 26. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.332

Rohmah, N., Huda, M., & Kusmintardjo, A. Y. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312-1322. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6560/2795

Rosmanah, A. (2019). Pentingnya Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Visual dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 706–712.

Sagala, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Zakky. (2020, Fabruary 23). Pengertian Hasil Belajar | Definisi, Fungsi, Tujuan, Faktor Lengkap]. Retrieved from Zona Referensi.com: https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/

Diterbitkan

2024-03-26