Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Fisika Pada Mata Kuliah Pendidikan Teknologi Dasar

Fanni Zulaiha

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) Calon Guru Fisika pada Mata Kuliah Pendidikan Teknologi Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada 7 mahasiswa semester ganjil program studi pendidikan fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon Tahun Akademik 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang dikembangkan dari komponen Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) menurut Santos dan Carlo. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru fisika pada mata kuliah Pendidikan Teknologi Dasar ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) termasuk ke dalam kategori cukup. Namun, pada komponen Technology Content Knowledge masih rendah. Maka, kedepannya perlu dilakukan perubahan strategi pengajaran dan kesiapan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan teknologi untuk melatihkan mahasiswa calon guru fisika khususnya pada mata kuliah Pendidikan Teknologi Dasar (PTD).

Kata Kunci


TPaCK; Calon Guru Fisika; Pendidikan Teknologi Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrina, Z., Anwar, V. N., Alvino, J., & Sari, S. G. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Daring Calon Guru SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 1069–1079.

Haka, N. B., Yohana, R., & Puspita, L. (2020). TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM MENYUSUN PERANGKAT EVALUASI PEMBELAJARAN. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 73–88. http://vektor.iain-jember.ac.id

Herizal, Nuraina, Rohantizani, & Marhami. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2665/http

Irfan, A., Azora, & Fuadi, T. M. (2018). ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN MATEMATIKA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 239–250. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Kind, V., & Chan, K. K. H. (2019). Resolving the amalgam: connecting pedagogical content knowledge, content knowledge and pedagogical knowledge. International Journal of Science Education, 41(7), 964–978. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1584931

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70. http://www.tpck.org/.

Lachner, A., Fabian, A., Franke, U., Preiß, J., Jacob, L., Führer, C., Küchler, U., Paravicini, W., Randler, C., & Thomas, P. (2021). Fostering pre-service teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK): A quasi-experimental field study. Computers and Education, 174. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104304

Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi di Kelas. Journal of Biology Education, 2(2), 162–171. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jbe

Mulhayatiah, D., Sinaga, P., Rusdiana, D., Kaniawati, I., & Oktapiyani, O. (2022). PROFIL AWAL KEMAMPUAN PCK (PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) DAN KOGNITIF CALON GURU PADA PEMBELAJARAN FISIKA MODERN. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 161. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i2.5751

Nasar, A., & Daud, M. H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN GURU IPA TENTANG TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA SMP/MTs DI KOTA ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9–20.

Ningsih, R. W., Lumbantobing, P. A., Farida, N., & Telaumbanua, I. M. S. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru PAUD. Journal On Teacher Education, 4(2), 1180–1189.

Nurmatin, S., & Abdurrahman, D. (2021). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru MI Pada Konsep IPA Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 41.

Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 99–115.

Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical Content Knowledge Guru dalam Pembelajaran Matematika Daring. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 281–2022. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Safrina, & Marina. (2019). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(3), 312–320.

Santos, J. M., & Castro, R. D. R. (2021). Technological Pedagogical content knowledge (TPACK) in action: Application of learning in the classroom by pre-service teachers (PST). Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100110. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100110

Shofani, M., Fadllan, A., & Istikomah, I. (2022). Profil Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Kegiatan PPL. Prosiding Seminar Nasional Lontar Physics Forum VI 2022, 83–90.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). PENTINGNYA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 417–422.

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) Calon Guru pada Mata Kuliah PP BIO. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 58–64.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT, KNOWLEDGE) GURU BIOLOGI SMA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. 05(03), 2484–2498.

Valtonen, T., Sointu, E., Kukkonen, J., Kontkanen, S., Lambert, M. C., & Siegl, K. M. (2017). TPACK updated to measure pre-service teachers’ twenty-first century skills. Australasian Journal of Educational Technology, 33(3), 33.

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 47. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v3i1.2825

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

jpif@uniga.ac.id

PENGUNJUNG:

Status Pengunjung Jurnal

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.