Analisis Keterampilan Kolaboratif Siswa dalam Kegiatan Praktikum Pesawat Sederhana

Riska Puspita Agustini, Asep Irvan Irvani

Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kolaboratif siswa dalam kegiatan praktikum pesawat sederhana di kelas 8 sekolah menengah pertama. Penelitian dilakukan pada rangkaian kegiatan Lesson Study di salah satu sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Garut dengan tahapan plan-do-see. Ada 16 siswa kelas 8 yang menjadi subjek penelitian. Pengambilan data diperoleh dari dokumen hasil kerja siswa, hasil refleksi dengan observer, serta video rekaman kegiatan. Analisis data menggunakan metode kualitatif untuk mengeksplorasi keterampilan kolaboratif siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan kolaboratif siswa dalam kegiatan praktikum pesawat sederhana sangat baik. Di dalam kegiatan praktikum sangat dibutuhkan keterampilan kolaboratif dan kerja sama tiap anggota kelompok supaya terbangun kebersamaan yang erat di antara tiap anggota kelompok. Dengan terciptanya kolaborasi antar anggota kelompok, proses pemecahan masalah yang memerlukan waktu lama pada kegiatan praktikum dapat tercapai lebih cepat.

Kata Kunci


Keterampilan Kolaboratif, Lesson Study, Pesawat Sederhana, Praktikum

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adawiyyah, Y., & Irvani, A. I. (2022). Analisis Pembelajaran Dengan Desain Didaktik Sharing Task dan Jumping Task pada Materi Persilangan Monohibrid. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(2), 592-602.

Anggis, E. V. (2016). Penerapan model kooperatif Jigsaw berbasis lesson study untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif dan hasil belajar kognitif. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 493-497).

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233-243.

Chen, R. (2021). A review of cooperative learning in EFL Classroom. Asian Pendidikan, 1(1), 1-9.

Dudeliany, J. A., Mahardika, I. K., & Maryani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai Lks Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 254-259.

Fatwa Gustiara, D. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Fisika (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nurhamidah, O. P. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan kolaborasi siswa Kelas VIII MTs Plus Burhanul Hidayah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rahmawati, A. (2019). Analisis keterampilan berkolaborasi siswa sma pada pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

Reni, S. A., Praherdhiono, H., & Soepriyanto, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 270-279.

Syahdah, V. S., & Irvani, A. I. (2023). Kesulitan Menanamkan Jiwa Percaya Diri terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 163-171.

Susanto, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Semester I SMA Swasta Gajah Mada Padang Bulan Medan. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 1-7.

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130-137.

Ustari, P. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTs/SMP (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Widjajanti, D. B. (2010). Mengembangkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. In Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta (Vol. 17).

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2570

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.