Validasi Media Pembelajaran Komik Fisika pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMA

Authors

  • Neneng Arini Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Vina Tri Utami Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Hadma Yuliani Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Luvia Ranggi Nastiti Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v2i2.2373

Keywords:

Komik Fisika, Fluida Statis, Validasi, Kriteria

Abstract

Media pembelajaran komik perlu dikembangkan dan dilakukan proses validasi kelayakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran yaitu komik fisika serta mengetahui kelayakan komik fisika pada pokok bahasan fluida statis di SMA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau Research and Depelopment (RnD) dengan menggunakan model 4D yang dibatasi pada 3D yaitu Define, Design, dan Development. Validasi data dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini yaitu validasi  kelayakan oleh ahli media dan ahli materi, didapatkan hasil validasi kelayakan oleh kedua ahli tersebut yaitu skor rata-rata ahli media dan ahli materi sebesar 76,75 dengan rata-rata presentase ahli media dan ahli materi sebesar  70,73 dengan kriteria layak digunakan serta  menarik dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Neneng Arini, Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Vina Tri Utami, Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Hadma Yuliani, Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Luvia Ranggi Nastiti, Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Program Studi Tadris Fisika. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

References

Adinata, I. W., Maharta, N., & Nyeneng, I. D. (2015). PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DESAIN GRAFIS . Jurnal Pembelajaran Fisika , 109-117.

Agustin, H. A., Singgih, B., & Bachtiar, R. W. (2018). PENGEMBANGAN MODUL KOMIK FISIKA PADA POKOK BAHASAN HUKUM KEPLER DI SMA KELAS XI. Jurnal Pembelajaran Fisika , 168-174.

Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education , 53-57.

Aslamiyah, L., Masturi, & Nugroho, S. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran . Unnes Physics Education Journal , 45-52.

Hadi, W. S., & Dwijananti, P. (2015). PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN POKOK BAHASAN RADIOAKTIVITAS UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Unnes Physics Education Journal , 16-24.

Huriawati, F., Purawandari, P., & Permata, S. (2015). PENGEMBANGAN BUKU KOMIK FISIKA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON BERBASIS KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan , 1 (2).

Irwandani, & Juariah, S. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KOMIK FISIKA BERBANTUAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi , 33-42.

Kurniawan, G. E. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILL PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS SISWA KELAS VIII SMP N 7 CIREBON. JURNAL MANGIFERA EDU , 62-71.

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. (2012). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERUPA KOMIK PADA MATERI CAHAYA DI SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika , 100-105.

Mahya, Z., Abdurrahman, & Suyatna, A. (2018). PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Jurnal Pendidikan Fisika , 144-158.

Mawaddah, I. Z., Andani, T., & Yuliani, H. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS WEB PADA POKOK BAHASAN EFEK DOPPLER UNTUK SMA. SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) (pp. 42-50). Surabaya: FMIPA UNESA.

Mutoharoh, Razali, & Nasbey, H. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), (pp. 126-131).

Rahil, Yahya, F., & Walidain, S. N. (2019). PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUHU KELAS X. JURNAL KEPENDIDIKAN , 43-52.

Savila, F., Astra, I. M., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Komik Biografi Sir Isaac Newton Sebagai Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Paint Tool SAI. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika , 36-45.

Sulfiah, U., & Sulisworo, D. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN KOMIK FISIKA UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII PADA POKOK BAHASAN KALOR. GARUDA , 31-37.

Susanti, K. D., Subiki, & Yushardi. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DISERTAI KOMIK FISIKA PADA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN TEKANAN DI SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika , 197-204.

Tanjung, W. R., Ruhiat, Y., & Saefullah, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Pada Materi Hukum Newton. Prosiding SENDIKFI (pp. 19-23). Serang: Untirta.

Wahyuni, A., & Lia, L. (2020). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Kearifan Lokal Palembang di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika , 38-45.

Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS. JPSS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) , 518-524.

Wurwiarwin, Wahyono, U., & Werdiana, I. K. (2018). PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA KONTESKTUAL BERBASIS ANDROID POKOK BAHASAN TEKANAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Fisika , 230-243h

Published

2022-12-31