Tafsir Tarbawi : Pendidikan Fisika dalam Al-Quran

Ibnurawandhy N. Hula, Muhammad Rizki Gunawan, Hastika Boham, Mariaty Podungge

Abstrak


Fisika adalah cabang ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena alam baik kecil maupun besar. Fenomena alam juga dibahas di dalam Al-Quran. Al-Quran dan fisika memiliki hubungan yang sangat erat dan tidak terputus. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami pendidikan fisika dalam Al-Quran, mengetahui integrasi Islam dengan pendidikan fisika dan memahami hukum-hukum Al-Quran dengan pendidikan fisika. Metode penelitian ini adalah kajian literatur dengan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berkonsentrasi pada ilmu fisika bermakna bahwa dia akan menyadari dan memahami kekhasan alam semesta, mengkaji dan memanfaatkannya secara pasti untuk kehidupan sekarang dan yang akan datang. Penggabungan Al-Quran ke dalam pembelajaran fisika merupakan metode alternatif untuk mencapai tujuan pendidikan nasional sekaligus menumbuhkan sikap spiritual dan kognitif siswa terhadap pembelajaran fisika.


Kata Kunci


Al-Quran; fisika; pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrohim Harahap. 2018. “Integrasi Alquran Dan Materi Pembelajaran Kurikulum Sains Pada Tingkat Sekolah Di Indonesia: Langkah Menuju Kurikulum Sains Berbasis Alquran.†Jurnal Penelitian Medan Agama 9 (1): 21–46.

Abidin, Zainal. 2017. “Integrasi Islam Dengan Fisika Dan Kimia.†Al-Afkar 5 (2): 22.

Afifah, Gusti, Syahrial Ayub, and Hairunnisa Sahidu. 2020. “Konsep Alam Semesta Dalam Perspektif Al-Quran Dan Sains.†Jurnal GeoScienceEdu (1): 5–10.

Ashari, Faris; Hasyim, Faiz; Wibowo, Hari Anggit Cahyo. 2019. “Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019 17 November 2019 Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019.†Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019 4 (1): 252–57.

Batubara, Irfan Arifsah. 2022. “Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal Integration of Knowledge An Ideal Islamic Education Concept†1 (1): 759–71.

Doni. 2018. “Perbandingan Media Pembelajaran ICT Dengan Menggunakan Media Mind Mapping.†Pendidikan Fisika FKIP UnilaBandar Lampung 2 (5): 125–31.

Drs, Oleh, Abdul Kadir, M Pd, A Pendahuluan, and Abdul Kadir. 1983. “KETERKAITAN SAINS FISIKA DENGAN AL-QUR’AN Oleh: Drs. Abdul Kadir, M.Pd,†1–15.

Hamid Ahmad Abu. 2005. “PENDIDIKAN FISIKA SEBAGAI SALAH SATU BIDANG ILMU Oleh: Ahmad Abu Hamid.†Jurnal Pendidikan Fisika, 179–202.

Hamzah, Mukhotob, Sri Jumini, and Ana Maulida. 2016. “MUSYAWARAH DALAM PERSPEKTIF ASAS BLACK ( Kajian QS. Asy Syura Ayat 38).†SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains 2 (2): 146. https://doi.org/10.32699/spektra.v2i2.16.

JAYA, A P. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an Terhadap Sikap Spiritual Peserta Didik Di Mas Jeumala.†Core.Ac.Uk. https://core.ac.uk/download/pdf/293470436.pdf.

Khoiri, Ahmad. 2018. “Al-Qur’an Dan Fisika (Telaah Konsep Fundamental: Waktu, Cahaya, Atom, Dan Gravitasi).†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 1 (1): 92–102. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/129.

Lailiyah, Siti. 2020. “1412-Article Text-2897-1-10-20200906.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 2 (1).

Muspiroh, Novianti. 2013. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah.†Jurnal Pendidikan Islam 28 (3): 173. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/2099.

Nabi, Akhlaq, and Muhammad Saw. 2009. “Akhlaq Nabi Muhammad Saw,†no. 11: 1–5.

Putra, Khambali Reynaldi Mahendra, and Sobar Al-Ghazal. 2020. “Implikasi Q.S Ali Imran Ayat 190-191 Tentang Konsep Ulul Albab Terhadap Pendidikan Karakter.†Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6: 93–97.

Sofia, Wida Nafila. 2021. “Interpretasi Imam Al-Maraghi Dan Ibnu Katsir Terhadap Qs. Ali Imran Ayat 190-191.†Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2 (1): 41–57. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.16.

Tebriani, Sylvina. 2020. “Filosofi Dalam Islamisasi Pembelajaran Fisika.†Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6 (2): 190–96.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v3i1.2359

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.