Pengembangan Media Animasi Online pada Materi Pesawat Sederhana Tingkat SMP untuk Kelas VIII

Pajriyansyah Pajriyansyah, Hadma Yuliani, Nurul Septiana

Abstrak


Pengembangan media bertujuan untuk melihat proses pengembangan animasi online pada materi pesawat sederhana tingkat SMP untuk kelas VIII dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan pada materi pesawat sederhana sederhana tingkat SMP untuk kelas VIII. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) sedangkan model yang digunakan yaitu 4D yang dibatasi pada tahap pengembangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah mixed methods. Hasil penelitian media animasi online pada materi pesawat sederhana tingkat SMP untik kelas VIII antara lain: 1) Pengembangan media animasi online pada materi pesawat sederhana merupakan media pembelajaran berbentuk video yang dapat diakses secara online. Media yang dikembangkan berisi materi pelajaran, gambar animasi dilengkapi dengan transisi, karakter animasi diapadukan dengan teks penjelasan materi, praktikum, contoh soal, latihan soal, dan quiz yang disediakan dalam media. Dengan menggunakan model pengembangan 4D sebagai rujukan langkah atau proses dalam mengembangkan media. Materi yang dimasukkan dalam media adalah materi pesawat sederhana tingkat SMP untuk kelas VIII. 2) Hasil validasi media memperoleh total rata-rata skor penilaian 91 dengan persentase 94% termasuk dalam sangat layak dan dapat diterapkan tanpa direvisi, validasi materi memperoleh total rata-rata skor penilaian 111 dengan persentase 89% kriteria sangat layak dan dapat diterapkan tanpa revisi.

Kata Kunci


Media Animasi Online; Animasi Pembelajaran; Video Animasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arimadona, S., Silvina, R., & Ramaza, F. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Biologi Berbasis Daring Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 2 Kecamatan Kapur IX. Journal on Teacher Education, 3(2), 120–126. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3259

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, II(1), 116–121.

Astuti, I. A. D., Dewati, M., Yona Okyranida, I., & Asep Sumarni, R. (2020). Pengembangan media smart powerpoint berbasis animasi dalam pembelajaran fisika. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.191

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Bani, M. D. S., Astiti, K. A., & Engge, B. Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi. Pendidikan, Jurnal Indonesia, Sains, 3(2), 102–111.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521

Hade, A. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN VIRTUAL (MPV) BERBASIS VIDEO E-LEARNING MOODLE. 8.

Herawati, R., Sulisworo, D., & Fayanto, S. (2019). The Development of Learning Videos on PowToon-based Work and Energy Topics to Support Flipped Classroom Learning. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 9(4), 51–58. https://doi.org/10.9790/1959-0904015158

Ilmiah. (2018). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE DI MA ANNAJAH PONPES AL HALIMY SESELA. 6(1), 58–66.

Khaeruman, K., Ahmadi, A., & Rehanun, R. (2015). Pengembangan Media Animasi Interaktif Pada Materi Laju Reaksi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 267. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.672

Lingga, G., Kusuma, A., & Adhi, N. (2018). PENERAPAN ORNAMEN PATRA PADA KARAKTER ANIMASI 2 DIMENSI. 95–101.

Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Pengembangan Media Video Animasi, 8(5), 893–903.

Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48–57.

Priyonggo Very, F., & Qosyim, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.33373/his.v2i1.1583




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v2i2.2161

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.